Industri & Perdagangan

FedEx Express Gandeng E-commerce Terkemuka Untuk Berdayakan UKM Di Asia Pasifik

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM— FedEx Express, anak perusahaan FedEx Corp. (NYSE: FDX) dan salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, meluncurkan serangkaian integrasi baru bersama platform teknologi e-commerce terkemuka[1] di kawasan Asia Pasifik yang secara substansial akan menguntungkan e- tailers atau penjual e-commerce. Pengembangan ini terjadi saat usaha kecil dan menengah (UKM) melihat permintaan yang signifikan untuk layanan e-commerce dan layanan pengiriman ekspres internasional, terutama pada saat puncak akhir tahun yang akan datang.

Perubahan perilaku konsumen akibat pandemi memacu transaksi online dan pertumbuhan e-commerce yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kawasan Asia Pasifik menghasilkan hampir dua pertiga (64%) dari belanja e-commerce global.

Sama seperti pembeli yang telah beralih ke pembelian online, begitu juga bisnis. Semakin banyak pengecer meningkatkan investasi dan keterlibatan mereka di saluran online untuk menangkap permintaan konsumen yang hasilnya memberikan peningkatan permintaan untuk dukungan logistik.

Menurut McKinsey, pasar logistik e-commerce Asia akan menyumbang 57% dari total pertumbuhan pasar dari 2020 hingga 2025.

President, Asia Pacific, Middle East, and Africa Region, FedEx Express, Kawal Preet mengatakan,
FedEx menanggapi peningkatan kebutuhan dari bisnis e-commerce melalui program Kompatibel dan Aliansi yang inovatif dari perusahaan. Kedua program ini memungkinkan e-tailer untuk mendapatkan akses instan ke solusi pengiriman yang ditingkatkan dan terjangkau, memungkinkan mereka untuk menjual dengan mudah di platform e-commerce.

Di bawah program Kompatibel, pelanggan FedEx dapat membuat label pengiriman FedEx dan menggunakan fitur FedEx tambahan, seperti Layanan Pengiriman Ekspres dan Layanan Dokumentasi Pengiriman Internasional, tanpa meninggalkan platform e-commerce atau marketplace.

“Integrasi FedEx dan akun platform/pasar yang sederhana dan mudah diikuti ini memberikan e-tailer akses mudah dan otomatis untuk memproses pesanan. Selain itu, e-tailer di pasar juga akan mendapatkan keuntungan dari diskon eksklusif pada tarif FedEx di bawah program Kompatibel. Hingga saat ini, FedEx telah terintegrasi dengan 17 platform, memberikan ratusan ribu e-merchant di seluruh Asia Pasifik akses langsung ke layanan FedEx, menggunakan nomor akun FedEx mereka, untuk mengelola pengiriman dan mengembangkan bisnis e-commerce lintas batas mereka,” ujar Kawal, Kamis (23/9/2021).

Dijelaskan Kawal, di saat yang sama, program Aliansi memungkinkan semua mitra dalam ekosistem e-commerce, termasuk penyedia pengiriman online, untuk menawarkan pelanggan e-tailer mereka akses langsung ke layanan FedEx dengan harga yang menguntungkan. Sektor e-commerce menjadi lebih kuat karena dampak dari pandemi, melampaui perdagangan tradisional sebanyak lima kali lipat.[8] Menjelang musim liburan, konsumen lebih banyak berbelanja secara online. Untuk membantu e-tailer memenuhi permintaan yang terus meningkat, kami membuat layanan kami lebih mudah diakses oleh e-tailer dan UKM secara global.

“Kolaborasi kami dengan platform e-commerce terkemuka merupakan langkah penting untuk membangun ekosistem e-commerce yang kuat di mana usaha kecil dapat menikmati layanan yang sama dengan merek ritel besar, dan mendapatkan kedudukan yang sama. Kami berharap dapat berkolaborasi dengan lebih banyak mitra yang memiliki pikiran sama untuk memberikan solusi berkelanjutan dalam skala besar dan semakin mendorong rantai nilai e-commerce,” pungkas Kawal

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top