Nasional

Eriko Dicopot, Dolfie Jadi Wakil Ketua Komisi XI DPR

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Fraksi PDIP kembali melakukan penyegaran pada sejumlah komisi, setelah merotasi 5 anggotanya beberapa waktu lalu, kini menyusul Dolfie Othniel Fredric Palit menggantikan Eriko Sutarduga yang menjabat Wakil Ketua Komisi XI DPR. “Sebagaimana surat terkait penugasan alat kelengkapan dewan, maka rapat memutuskan pergantian dari bapak Eriko Sotarduga ke bapak Dolfie,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad saat mempimpin rapat penetapan Dolfie yang dilaksanakan secara fisik dan virtual di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Dalam rapat, Sufmi menyebutkan peserta rapat telah memenuhi kuorum dan dilakukan secara terbuka alias dapat dilihat publik. “Semoga pimpinan Komisi XI DPR RI yang baru dapat bekerja dengan baik bersama segenap anggota Komisi XI lainnya,” tambahnya.

Sekadar informasi, Dolfie yang ditetapkan sebagai Wakil Ketua Komisi XI DPR RI semula ialah Anggota Komisi XI DPR RI yang berasal dari Fraksi PDIP.

Politisi dapil Jawa Tengah IV tersebut menggantikan rekan satu fraksinya Eriko Sotarduga dari dapil DKI Jakarta III.
Dolfie pernah pula menjadi Anggota DPR RI di periode 2004-2009. Bahkan pada Dolfie sempat tercatat sebagai Komisari PT Telkom pada 2014.

Rapat penetapan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI dilaksanakan secara fisik dan virtual sesuai Peraturan Tata Tertib Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 254 ayat 4 yang berbunyi. “Semua jenis rapat DPR RI dihadiri oleh Anggota kecuali dalam keadaan tertentu, yakni keadaan bahaya, kegentingan yang memaksa, keadaan luar biasa, keadaan konflik bencana alam dan keadaan tertantu lain yang memastikan adanya urgensi nasionai, rapat dapat dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi’.

Sebelumnya, dari surat keputusan fraksi tertanggal Senin (18/1/2021), ada 5 anggota DPR dari Fraksi PDIP yang dipindah komisinya. Diteken Pimpinan Fraksi PDIP yang diketuai Utut Adianto dan Sekretaris Bambang Wuryanto, Fraksi PDIP merotasi kelima anggotanya di DPR.

Mereka adalah: Pertama, Ihsan Yunus. Ihsan dipindah dari pimpinan Komisi VIII menjadi anggota Komisi II.

Kedua, Ribka Tjiptaning yang sebelumnya merupakan anggota Komisi IX menjadi anggota Komisi VII.

Ketiga adalah Johan Budi Sapto Pribowo yang sebelumnya adalah anggota Komisi II dipindah jadi anggota Komisi III.

Keempat, Gilang Dhieflafararez yang sebelumnya adalah anggota Komisi VI menjadi anggota Komisi III.

Kelima adalah Marinus Gea dari sebelumnya Komisi III menjadi komisi XI. ***

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top