Perbankan

Disetujui RUPST, KLBF Bagi Dividen Rp1,4 Triliun

Disetujui RUPST, KLBF Bagi Dividen Rp1,4 Triliun
Gedung Kalbe/Sumber Foto: Kalbe.co.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-PT.Kalbe Farma Tbk  sepakat membagi dividen tunai senilai Rp1,4 triliun atau setara 52 persen laba bersih perseroan tahun buku 2023. Keputusan itu disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Adapun, dividen per share yang dibagikan emiten berkode KLBF  setara Rp31 per lembar saham. “Hal ini sesuai dengan kebijakan dividen perusahaan dengan rasio 45 persen sampai 55 persen terhadap laba bersih,” kata Presiden Direktur KLBFIrawati Setiady di Jakarta, Kamis,(16/5/2024).

Sesuai dengan peraturan pasar modal yang berlaku, Irawati menjelaskan bahwa pembayaran dividen akan dilakukan dalam waktu selambat-lambatnya 30 hari setelah pengumuman hasil RUPST. “Dengan jadwal dan tata cara yang akan segera diumumkan,” ujar Irawati.

Dalam kesempatan ini, perseroan juga menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang menyetujui untuk melakukan aksi korporasi berupa pembelian kembali (buyback) saham dengan nilai maksimal Rp1 triliun, dengan harga maksimal Rp1.600 per lembar saham. Adapun, buyback saham akan dilakukan pada periode 16 Mei 2024 sampai 15 Mei 2025, yang mana perseroan akan menggunakan pendanaan internal untuk melakukan buyback. “Sesuai dengan peraturan pasar modal yang berlaku, rentang waktu pelaksanaan buyback adalah dua belas bulan setelah tanggal persetujuan RUPS,” ujar Irawati.

Kalbe Farma membukukan laba bersih senilai Rp2,76 triliun, atau menurun 18 persen year on year (yoy) pada akhir tahun 2023, dibandingkan posisi tahun sebelumnya yang senilai Rp3,38 triliun. Penjualan bersih perseroan tercatat senilai Rp30,44 triliun pada akhir 2023, atau tumbuh 5,21 persen (yoy) dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp28,93 triliun.***

Penulis : Chandra
Editor   : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top