Nasional

Covid-19 Belum Aman, DPR: Jangan Paksakan Sekolah Mulai Juli 2020

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kembali sekolah pada Juli 2020 mendapat reaksi keras dari kalangan DPR. Alasanya, hingga saat ini belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi Covid-19 berakhir. “Masalahnya, keselamatan siswa harus menjadi prioritas utama. Jangan sampai ada siswa yang jadi korban Covid-19,” kata anggota Komisi X DPR Ali Zamroni kepada Suarainvestor.com di Jakartal, Senin (18/5/2020).

Namun, kata Ali, Kemendikbud boleh-boleh berwacana terkait keinginan memulai belajar mengajar pada tahun ajaran baru ini. “Mudah-mudahan kebijakan ini betul-betul berdasarkan kajian yang mendalam, supaya tidak memperparah keadaan,” ujarnya lagi.

Hanya saja, Politisi Partai Gerindra ini mengingatkan agar Kemendikbud jangan mentarget bahwa sekolah harus mulai Juli 2020. “Persoalannya, wabah Covid-19 belum ada yang bisa memastikan, sampai kapan Covid berakhir,” paparnya.

Yang penting saat ini, lanjut Ali, pemerintah harus transparan dan terbuka dalam memberi informasi soal penanganan covid. “Jangan kemudian Zona merah tiba-tiba saja berubah menjadi hijau tanpa alasan yang jelas ,” ucapnya.

Lebih jauh kata Ali, Kemendikbud harus mempunyai peta yang jelas dan terverivikasi di lapangan tentang daerah-daerah yang merupakan masuk Zona Merah (masih parah) Zona Kuning (sudah menurun) dan Zona Hijau (Bebas Covid 19). “Jadi hanya di zona hijaulah yang memungkinkan dibuka kembali proses belajar mengajar di sekolah,” tuturnya.

Disisi lain, lanjutnya, Kemendikbud harus memastikan keamanan siswa dari penularan Covis-19 selama dalam perjalanan menuju tempat sekolah. Misalnya selama berada di angkutan umum, karena siswa tentu akan bercampur dan berinteraksi dengan masyarakat umum di dalam angkutan umum. “Semua langkah antisipasi agar tidak terjadi penularan harus dilakukan dengan baik,” paparnya.

Bahkan Kemendikbud perlu memastikan sekolah yang akan ditempati benar-benar bebas dari Covid-19, yaitu dengan melakukan penyemprotan disinvektan ke semua sudut sekolah, dan menyediakan washtafel serta masker. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top