Perbankan

BI: Keyakinan Konsumen Merosot Gara-Gara Kasus Covid-19 Melonjak

BI: Keyakinan Konsumen Merosot Gara-Gara Kasus Covid-19 Melonjak
Bank Indonesia, Perwakilan Bandung, Jalan Braga/Foto: Anjasmara

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM-Bank Indonesia mengungkapkan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2022 yang mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen tetap kuat dan berada pada area optimis.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Februari 2022 sebesar 113,1 (indeks > 100), meski lebih rendah dibandingkan 119,6 pada Januari 2022. “Keyakinan konsumen pada Februari 2022, tidak setinggi bulan sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono kepada wartawan di Jakarta, Rabu (09/03/2022).

Penyebab anjloknya keyakinan konsumen ini, sambung Erwin, disebabkan oleh ekspektasi terhadap kondisi ekonomi mendatang yang lebih terbatas, baik ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun kegiatan usaha, meskipun masih berada pada area optimis.

Pada saat yang sama, kata Erwin, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan, ditengarai sejalan dengan meningkatnya kasus Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang lebih ketat di berbagai wilayah di Indonesia. ***

Penulis     :    Iwan Damiri

Editor       :    Kamsari 

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top