Infrastruktur

Bangun Rusun Rp50 Miliar, Pemkot Surabaya Mau Pindahkan 3000 Jiwa

Surabaya-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terlihat serius membangun rumah susun sewa (rusunawa), khususnya bagi warga yang tinggal di bantaran sungai. Ada ribuan warga yang siap dipindahkan ke rusun tersebut. “Ada 3000 warga yang suka rela pindah atau ajukan diri untuk tempati rusun,” kata Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Minggu (26/6/2016).

Diakui Risma, animo masyarakat yang akan tinggal di rumah susun sewa (rusunawa) di Kota Surabaya cukup besar. “Jumlah itu masuk daftar tunggu,” ucapnya.

Oleh karena itu Risma memprioritaskan pembangunan rusun menjadi agenda penting demi menyediakan tempat yang layak.
“Saya dahulukan untuk selesaikan kawasan kumuh,” ucapnya.

Untuk memenuhi pengantre rusunawa, Risma mengaku tahun ini akan dibangun rusunawa dengan anggaran APBN serta ada pula yang menggunakan APBD di beberapa kawasan. 
Anggaran yang disiapkan dalam APBD tahun 2016 sebesar Rp50 miliar. 
“Tahun ini kalau tidak salah akan mulai dibangun di Kali Kedinding, Kali Kepiting, Wonorejo, Jambangan dan Keputih, ada APBD dan APBN,” ungkapnya.

Idealnya hunian satu rumah, kata mantan Kepala Bappeko dan DKP Surabaya ini yakni 1 rumah 1 KK. Akan tetapi saat ini 1 rumah ditempati 2-3 KK sehingga tentunya tidak menyehatkan.

Hal tersebut yang menjadi fokus Risma untuk mengatasi masalah tersebut. “Idealnya, satu unit rumah 1 KK sekarang ada 2-3 KK jadi tidak sehat. Kita harus penuhi 3 ribu dulu. Baru kita pecah yang lebih dari satu KK itu,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top