Infrastruktur

Bali Segera Punya KEK Kesehatan, Erick Thohir Targetkan Rampung Mei 2024

Bali Segera Punya KEK Kesehatan, Erick Thohir Targetkan Rampung Mei 2024
Bali Segera Punya KEK Kesehatan, Erick Thohir Targetkan Rampung Mei 2024/foto anjasmara

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sanur, Bali rampung pada Mei 2024.

Hal itu dikatakan Erick Thohir dalam rapat dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Kamis (8/9/2022) lalu.

Menurut Erick, infrastruktur dasar KEK Sanur akan tuntas pada awal November tahun 2022 ini. Meski demikian, Erick menyebut adanya keterlambatan karena izin KEK baru keluar pada dua minggu yang lalu. Adapun Kementerian BUMN telah meletakkan batu pertama pada November 2021.

“Nah memang sinkronisitas ini yang kita dorong. Pembangunan infrastruktur dasar kita sudah jalan cuma izin rumah sakit ini tidak mungkin kita lakukan sebelum ada izin,” tegas Erick lagi, Minggu (11/9/2022).

Selain itu lanjut, Erick perbaikan Hotel Grand Inna Kuta dari grup PT Hotel Indonesia Natour (Inna Hotel Group) akan selesai pada November 2023. Namun, untuk rumah sakit baru akan rampung pada Mei 2024 lantaran izin KEK baru keluar dua minggu yang lalu.

Erick menyinggung terkait kerja sama dengan Rumah Sakit Mayo Clinic Amerika Serikat. Menurut Erick kerja sama dengan Mayo merupakan intervensi yang harus terjadi dan perlu dijadikan tempat benchmarking untuk seluruh rumah sakit di daerah.

“Dijadikan tempat benchmarking untuk seluruh rumah sakit di daerah supaya tidak salah prosedur penanganan cancer karena database- nya si mayo sudah besar,” jelas Erick.

“Ketika ada penyakit cancer titik-titik di rumah sakit titik-titik dia sudah tinggal melihat oh tes nya ini tidak perlu tes ini karena tes yang sangat mahal itu bisa puluhan juta tesnya saja belum perawatan. Nah, ini yang kita coba lakukan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, KEK Sanur dirancang untuk menjadi KEK Kesehatan dan Pariwisata dengan rencana bisnis fasilitas kesehatan berupa rumah sakit dan klinik, akomodasi hotel dan MICE, ethnomedicinal botanic garden, serta commercial center.

Pembangunan KEK Sanur sendiri sudah mendapat persetujuan dari Dewan Nasional KEK yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada sidang Dewan Nasional KEK, pada Jumat (22/7/2022) lalu.

Dengan disetujuinya usulan KEK Sanur diharapkan akan terjadi penghematan devisa dan peningkatan ekonomi negara sekaligus peningkatan fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia melalui transfer knowledge.

Penulis: M Arpas

Editor: Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top