Investasi

Asing Lebih Suka Investasi Modal Di Probolinggo

PROBOLINGGO-Beberapa tahun lalu jumlah investasi asing yang masuk ke Kabupaten Probolinggo cukup melejit. Namun memasuki 2016, investasi asing sedikit menurun. “Jumlah investor asing mengalami penurunan karena banyak PMA yang berubah kepemilikan dengan PMDN,” kata Kasi Penanaman Modal Daerah (KPMP) Kabupaten Probolinggo Madkim, Senin (22/8).

Madkim memberi contoh, PT Charoen Pokphand yang pada 2016 ini melakukan penanaman modal sebesar Rp 83 miliar, padahal saat masih PMA, perusahaan itu menanam modal sebesar Rp 23 miliar.

Berdasarkan data Kantor Penanaman Modal dan Perizinan (KPMP) Kabupaten Probolinggo terungkap total jumlah investasi modal di wilayah ini hingga Mei 2016 mencapai Rp 46,87 triliun. Sebagian besar berasal dari investor asing. Investasi modal tersebut meliputi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 45,50 triliun, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 1,15 triliun dan non-fasilitas sebesar Rp 215 miliar. “Perolehan investasi itu mengalami peningkatan sebesar Rp 1,3 triliun dari tahun 2014 sebesar Rp 45,57 triliun,” tuturnya.

Menurut Madkim, jumlah investasi modal di Probolinggo menunjukkan perkembangan yang luar biasa dan hal itu tidak lepas dari upaya KPMP mempromosikan Probolinggo kepada investor, baik kepada investor asing maupun domestik

Lebih jauh kata Madkim, KPMP terus melakukan promosi melalui temu investor besar dan kecil, temu UKM, pameran hingga pengawasan dan pengendalian para perusahaan. “Berbagai promosi itu tujuannya untuk meningkatkan jumlah investor di Kabupaten Probolinggo, sehingga diharapkan tahun depan jumlah investasi juga men

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top