Market

Waskita Siapkan Rp2,5 Triliun Guna Bayar Utang Obligasi Jatuh Tempo

Tol Brebes Timur/Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–PT.Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mengaku telah menyiapkan dana Rp 2,5 triliun untuk melunasi kewajiban pembayaran pokok obligasi yang jatuh tempo pada 6 dan 16 Oktober 2020. Adapun sumber dana itu berasal dari kas internal dan fasilitas perbankan perusahaan. “Pelunasan ini menegaskan kemampuan kas Waskita untuk membiayai operasional dan pelunasan kewajiban kreditur tetap dapat dipenuhi,” kata Senior Vice President Corporate Secretary Waskita Ratna Ningrum dalam siaran persnya, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Lebih jauh kata Ratna, pembayaran obligasi jatuh tempo ini merupakan komitmen Waskita dan bagian dari strategi penyediaan likuiditas yang telah direncanakan. Ada dua seri obligasi Waskita yang akan jatuh tempo pada bulan ini yaitu Obligasi Berkelanjutan III Waskita Karya Tahap I Tahun 2017 Seri A sebesar Rp 1,37 triliun yang akan jatuh tempo pada 6 Oktober 2020.

Menurut Ratna, obligasi Berkelanjutan I Waskita Karya Tahap II Tahun 2015 senilai Rp 1,15 triliun dengan tenor 5 tahun dan kupon 11,10 persen juga akan jatuh tempo pada 16 Oktober 2020. “Kami berharap pelunasan ini menjadi bukti komitmen kami sekaligus sebagai katalis perbaikan peringkat kredit Waskita Karya,” ujarnya.

Waskita juga terus berupaya mengejar target perolehan Nilai Kontrak Baru dengan target sebesar Rp 27 triliun di 2020. Sampai dengan triwulan III 2020, Waskita telah mencatatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 11,7 triliun dengan kontribusi terbesar berasal dari proyek infrastruktur seperti jalan tol, bendungan, dan irigasi.

Sebelumnya, Waskita menyatakan akan terus meningkatkan kemampuan likuiditas melalui percepatan penerimaan piutang termin proyek konstruksi, baik yang dikerjakan dengan skema pembayaran turnkey atau progress payment. Per 31 Agustus 2020, Waskita telah menerima pembayaran proyek turnkey sebesar Rp 7 Triliun dan skema progress payment sebesar Rp 6,5 Triliun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top