Market

Tunaikan Puasa, Imbangi Kesehatan Dengan Yogurt

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pandemi Covid-19 yang melanda Bulan Ramadan harus dimaknai positif. Karena akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi umat muslim dianjurkan untuk tetap berada di rumah.

Tradisi Bukber (Buka bersama), tentu akan berkurang, karena berkumpul bersama rekan atau sahabat perlu dibatasi terlebih dahulu. Apalagi dianjurkan untuk menerapkan social distancing dan tetap #DiRumahAja untuk membantu meratakan kurva penyebaran virus Corona.

Selain berkurangnya kegiatan Bukber di luar rumah, perlu juga mengatur hidangan buka puasa dengan makanan yang lezat dan bergizi tinggi. “Menunaikan ibadah puasa, perlu diimbangi memenuhi asupan gizi harian agar bisa tetap fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat,” kata Direktur MesaAcademy, Emilia Achmadi, MS., RDN kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Emilia yang juga ahli gizi, memberikan sejumlah tips menjaga kesehatan. Yakni minumlah dua gelas susu setiap hari; segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Susu mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita.

Kemudian memilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, yogurt dan keju saat berbuka puasa dan sebelum tidur. “Coba untuk mengganti camilan yang mengandung kadar gula atau lemak yang berlebih, dengan camilan yang lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan,” tambahnya.

Selama #DiRumahAja, salah satu hal baru yang bisa dilakukan adalah mencoba resep-resep masakan yang sebelumnya belum pernah dicoba, seperti resep makanan yang menggunakan yogurt sebagai bahannya.

Lebih jauh kata Emilia, Yogurt adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa diubah menjadi asam laktat dan yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. “Yogurt adalah pilihan camilan yang lezat, segar, dan bergizi.
Selain dinikmati sebagai camilan, lanjutnya, yogurt juga bisa digunakan sebagai bahan masakan. “Selama #DiRumahAja, saya sudah mencoba membuat berbagai hidangan menggunakan yogurt, mulai dari appetizer (hidangan pembuka), main course (hidangan utama), dessert dan
snack,” tukasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top