Nasional

Sylviana Minta Swasta dan Masyarakat Partisipasi Hadapi Corona

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Anggota DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta Sylviana Murni meminta swasta dan masyarakat partisipasi meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona (Covid-19). Masyarakat tidak perlu takut dan panik, karena setiap virus pasti ada obatnya.
“Masyarakat memang harus waspada terhadap virus corona. Namun tidak perlu takut dan panik terhadap penyebarannya,” tegas  Sylviana saat menerima Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) di Kompleks DPD RI Senayan Jakarta, Kamis (12/3/2020).
Pemerintah Indonesia saat ini menyebutkan total kasus virus corona berjumlah 34 orang. Satu pasien WMA Inggris, 53 karena tertular di luar negeri dan memiliki komplikasi penyakit yang cukup parah. Seperti diabetes, darah tinggi, dan batuk-batuk.
Menurut Sylviana untuk menghadapi penyebaran virus corona tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja. Tapi, harus ada peran serta swasta dan masyarakat.
“Jadi kita tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja. Tapi harus ada peran serta dari swasta dan masyarakat dalam menghadapi virus corona,” ujarnya.
Selain itu Sylviana menghimbau media sosial tidak memberikan berita-berita bohong mengenai virus corona yang mengakibatkan kepanikan masyarakat. “Saya berharap di media sosial jangan menyebarkan berita-berita hoax (bohong) karena menimbulkan kepanikan masyarakat,” jelasnya.
Sementara itu, Heryadi dari PAEI berharap pemerintah daerah bisa mensosialisasikan pencegahan virus corona kepada masyarakat. Karena bisa saja virus corona menyebar ke daerah-daerah lain.
“Pemerintah daerah harus meningkatkan pemahaman masyarakat atas pencegahan virus corona. Karena mungkin saja penyebaran virus hinga ke daerah-daerah,” tambahnya.
Menurut Heryadi minta pemerintah tidak lengah dalam mengantisipasi penyebaran virus terutama dari lini pelayanan kesehatan. “Lini pelayanan kesehatan merupakan garda terdepan. Maka pemerintah bisa menguatkan pelayanan kesehatan seperti Puskesmas baik itu dari laboratorium,” pungkasnya.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top