Nasional

Soal Penghapusan UN, Gerindra Kritik Nadiem

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Ujian Nasional (UN) jangan dijadikan ‘hantu pendidikan’ yang luar biasa. Sehingga wacana menghapus UN yang difokuskan Menteri Nadiem saat ini seakan menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Bahkan seolah-olah menjadi prestasi yang mutakhir bagi sang menteri. “Masih banyak permasalahan pendidikan yang harus Mendikbud segera kejar dan kerjakan,” kata anggota Komisi X DPR Ali Zamroni kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Beberapa masalah yang cukup penting dan perlu menjadi perhatian, kata Politisi Partai Gerindra, misalkan soal kesejahteraan guru, nasib guru honorer, akses pendidikan, mutu kualitas pendidikan yang merata dan lain-lain.

Oleh karena itu, lanjut Adik kandung Sekjen Partai Gerindra, menjadikan isu penghapus UN sebagai urusan pokok, alias prioritas merupakan sesuatu hal yang ingin main praktis saja. “Sudahlah Mendikbud fokus saja urus pendidikan jangan caper terus,” tegasnya.

Kalo hanya ingin menghapus UN, sambung Ali lagi, tentu itu hal yang sangat mudah. Namun perlu diberikan beberapa kajian alternatif, misalkan uji kompetensi siswa di berbagai bidang. “Contohnya siswa berprestasi di bidang olahraga, tolok ukurnya bagaimana, berprestasi di bidang matematika, tolok ukurnya seperti apa,” tutur mantan wartawan.

Lebih lanjut Ali menyarankan agar Mendikbud lebih kreatif dan inovatif, sehingga membuat sekolah menjadi rumah yang mengasyikan bagi siswa. “Jangan hanya yang bersifat reguler saja, berangkat pagi pulang siang dan seterusnya,” ucap legislator dari Dapil Banten 1.

Hingga saat ini, kata Ali, pihaknya belum melihat adanya gebrakan-gebrakan baru yang signifikan dari Kemendikbud. Jangan Kemendikbud seperti gajah yang super besar, namun sulit untuk bergerak dan tidak lincah.

“Saat ini gebrakan mendikbud dalam bidang pendidikan sangat ditunggu oleh masyarakat, terutama bagaimana upaya Menteri Nadiem dalam menghadirkan pendidikan yang murah dan berkualitas,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top