Perbankan

Sejak Tampil di Acara ini, Kekayaan Elon Musk Anjlok Rp 286 Triliun

Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Kekayaan miliarder Elon Musk telah merosot sekitar 20 miliar dollar AS atau setara Rp 286 triliun (asumsi kurs Rp 14.300) dalam kurun sepekan terakhir.

Selama satu pekan terakhir, CEO Tesla itu melontarkan beberapa pernyataan yang membuat saham produsen mobil listrik itu turun cukup dalam.

Mengutip Kompas.com yang dilansir dari Forbes, Sabtu (15/5/2021), saham Tesla yang merupakan sumber pundi-pundi kekayaan Musk, selama hampir sepekan telah turun 15 persen.

Merosotnya saham Tesla mulai terjadi pada 8 Mei 2021, ketika Musk tampil sebagai pembawa acara di salah satu acara ternama di Amerika Serikat, Saturday Night Live (SNL).

Dalam acara tersebut, Musk yang merupakan orang kaya pertama hadir di SNL, melontarkan sejumlah lelucon berkaitan dengan rencana bisnisnya dan juga aset kripto seperti Bitcoin dan Dogecoin.

Tidak memakan waktu lama, setelah menyampaikan guyonan tentang aset kripto, harga Dogecoin justru merosot 30 persen dalam kurun waktu 24 jam.

Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 12 Mei 2021, pria kelahiran Afrika Selatan itu menghentikan kebijakan pembayaran unit mobil Tesla dengan menggunakan Bitcoin.

Melalui Twitter, Musk menjelaskan, penggunaan Bitcoin secara masif justru berpotensi meningkatkan konsumsi energi fosil.

Pernyataan tersebut direspons dengan penurunan harga saham Tesla.

Dengan penurunan 15 persen saham Tesla pekan ini telah menghapus miliaran dollar AS kekayaan bersih Elon Musk, yang memiliki 21 persen saham di Tesla.

Meskipun demikian, Musk masih berada di peringkat ketiga orang terkaya dunia, hanya kalah dari Jeff Bezos di peringkat pertama dan Bernard Arnault di peringkat dua. ***

Sumber: Kompas.com

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top