Market

Sambut Pemilu 2024, Lembaga Survei Diminta Transparan Guna Bangun Demokrasi

Sambut Pemilu 2024, Lembaga Survei Diminta Transparan Guna Bangun Demokrasi
Pengamat Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menantang seluruh lembaga survei untuk berani mempublikasikan setiap daftar pertanyaan atau kuisioner yang diajukan ke publik dalam riset surveinya.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar publik mendapat edukasi yang memadai. “Lembaga survei harus berani publikasikan daftar pertanyaan atau kuisioner yang mereka buat dan ajukan ke publik. Ini penting agar stigma publik bahwa lembaga survei tidak independen bisa dijawab dengan publikasi yang transparan,” ujar dia.

Menurutnya, pendidikan demokrasi perlu diimbangi transparansi dari para pemangku kepentingan termasuk lembaga survei.”Menjaga demokrasi yang sehat tugas kita semua. Ruang demokrasi harus diisi dengan fitur-fitur edukasi berbasis transparansi salah satunya,” ujarnya kepada suarainvestor.com, di Jakarta, Minggu (6/3/2022).

Apalagi, tambah Ujang, dalam hitungan tahun ke depan bangsa ini akan menghadapi gelaran pemilu. “Untuk itu gelaran pemilu harus bisa menghasilkan calon-calon pemimpin yang memadai. Agar tercipta pemimpin yang berkualitas untuk itu diperlukan pranata-pranata demokrasi yang berintegritas. Lembaga survei harus jadi penyejuk di tengah pesta demokrasi nanti,” tutupnya. ***

Penulis     :    Arpaso

Editor       :    Budiono

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top