Investasi

Dana Investasi Sekitar Rp200 Triliun Diyakini Siap Masuk Untuk Proyek IKN

proyek IKN
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia/Sumber Foto: Telusur.co.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COMProyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membutuhkan total dana sekitar Rp 500 triliun. Adapun APBN hanya menanggung sekitar 20 persen dan selebihnya mengandalkan kucuran dana investor asing. “Angkanya tidak mengecewakan. Artinya bahwa minimal Rp200 triliun itu akan kita bisa wujudkan dalam pembangunan proyek IKN di tahap pertama,” kata Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, Senin (24/10/2022).

Bahlil membeberkan bahwa Uni Emirat Arab menyatakan niatnya menyetorkan dana sebesar US$20 Miliar ke Indonesia. Dana tersebut termasuk untuk investasi di proyek ibu kota negara yang baru. “Kami targetkan 2023 ini, ada secercah harapan karena mereka (investor asing akan masuk di IKN. IKN itu gede sekali (dana proyeknya),” ungkapnya.

Lebih jauh Bahlil mengungkapkan sejumlah negara siap menjadi investor dan berpartisipasi dalam proyek IKN. “Yang sudah oke mereka akan masuk di IKN, dan beberapa investasi sektor yang lainnya ada yang masuk dari China, kemudian Korea, Taiwan beberapa negara Eropa pun dan mereka sudah menyampaikan penawarannya kepada kami,” terangnya lagi.

Mantan Ketua umum HIPMI mengaku optimis, keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menggelar upacara peringatan 17 Agustus 2024 di IKN dapat terwujud.

Disisi lain, lanjut Bahlil, pihaknya sedang menggodok rancangan peraturan pemerintah (RPP) terkait insentif bagi investor yang ingin menanamkan modalnya untuk usaha di IKN. Tadinya, RPP insentif ini ditargetkan Oktober tahun ini rampung.

Hanya saja, Bahlil masih butuh waktu tambahan untuk menyelesaikannya. “Untuk insentif IKN kita lagi bahas sekarang RPP-nya lagi dibahas sama presiden. Seharusnya selesainya di bulan Oktober ini. Kebetulan PP untuk insentif itu komandannya di Kementerian investasi, jadi sekarang lagi dibahas. Kasih kami nafas sedikit. Insya Aallah saya akan kejar untuk targetnya,” pungkasnya. ***

Penulis   : Eko
Editor     : Eko

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top