Nasional

Presiden Hadiri Silatnas Jam’iyah Batak Muslim Indonesia

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) yang dihelat di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Lembah Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu (25/3/2017).

Suku Batak sebagai suku banga terbesar di Indonesia memiliki beragam penganut ajaran agama antara lain agama Islam, Kristen Protestan, dan Kristen Katolik.

Di luar itu, ada juga beberapa penganut ajaran lain, bahkan ada pula yang menganut kepercayaan tradisional yaitu tradisi Malim dan juga menganut kepercayaan animisme, walaupun jumlah penganut kedua ajaran itu semakin berkurang.

Meski beragam ajaran agama dalam satu suku itu, tetapi hubungan di antaranya sangat erat. Suku yang terkenal dengan salam ‘Horas’ nya ini bermukim dan berasal dari Pantai Barat dan Pantai Timur di Provinsi Sumatera Utara. Suku yang dikategorikan sebagai Batak adalah Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

Di Musthafawiyah Purba Baru mengawali pembangunaan asrami putri dengan menekan tombol sirine.

Dua agenda kegiatan lainnya yang dihadiri Presiden sebelum melanjutkan perjalanan menuju Padang Sidimpuan adalah penyerahan Kartu Indonesia Pintar, Pemberian Makanan Tambahan, Program Keluarga Harapan, dan Kartu Indonesia Sehat serta penyerahan sertifikat hak atas tanah.

Dari Padang Sidimpuan, Presiden dan Ibu Iriana melanjutkan perjalanan menuju Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing, Pinang Sori, Kabupaten Tapanuli Tengah dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Dari bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan kembali ke Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.(har/TKP)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top