Nasional

Asrama Haji di Bangun di Mandailing Natal

JAKARTA – Kick off launching pembangunan Asrama Haji Kabupaten Mandailing Natal yang berada di kawasan Masjid Agung Nur Alannur Mandailing Natal, Sabtu (25/3/2017) mengawali kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Mandailing Natal, Sumatera Utara.

“Asrama haji pertama yang ingin kita mulai pada pagi ini. Semoga nantinya bermanfaat bagi seluruh calon jamaah haji maupun jamaah haji yang pulang dari tanah suci” ucap Presiden.

Presiden menjelaskan saat berkunjung ke Arab Saudi dua tahun yang lalu dan bertemu dengan Raja Salman, dirinya meminta penambahan kuota haji.

“Alhamdulillah tahun ini tidak hanya tambahan kuota 10.000 tapi juga tambahan pengembalian pada saat yang lalu kita dikurangi,” ucap Presiden.

Tahun 2017 ini Indonesia mendapat tambahan kuota sebesar 52.200 dimana sebanyak 10.000 merupakan tambahan kuota dan 42.200 merupakan tambahan pengembalian kuota sehingga total kuota haji menjadi 221.000 dari sebelumnya 168.800. “Ini tambahan yang sangat besar sekali hampir 30 persen,” kata Presiden.

Penambahan kuota ini merupakan sebuah kewajaran karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. “Dan tentu saja supaya tidak lama-lama orang untuk menunggu naik haji,” ucap Presiden.

Untuk diketahui, sejak 2013 lalu, jumlah kuota jamaah haji dari seluruh negara mengalami pengurangan sebesar 20 persen. Hal tersebut dilakukan seiring dengan perluasan pembangunan fasilitas di Masjidil Haram, Makkah.

Tampak hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.(har/TKP)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top