Nasional

Legislator PAN: Bawaslu Harus Berani Tindak ASN Tak Netral Saat Pemilu

Legislator PAN: Bawaslu Harus Berani Tindak ASN Tak Netral Saat Pemilu

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Kalangan DPR mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus berani menindak ASN yang melanggar aturan terhadap netralitasnya dalam pemilu tahun 2024.

Banyak pelanggaran diduga terjadi karena penerapan berbagai aturan belum optimal, terutama terkait dengan penerapan sanksi bagi pihak-pihak yang melanggar. “Kami juga mensinyalir berbagai informasi dari media massa, seperti daerah Garut, Boyolali, Sumatera Utara dan lain sebagainya tentang pelanggaran yang dilakukan oleh ASN,” ungkap Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus di Provinsi Sumbar, Selasa (30/1/2024).

Lebih jauh Politisi PAN itu mengingatkan bahwa Komisi II DPR sudah mewarning kepada Bawaslu agar berani menegakkan aturan. “Dalam hal ini, Bawaslu harus punya integritas yang tinggi dan mereka tidak boleh berpihak,” ungkapnya secara tegas.

Menurut Guspardi, Komisi II DPR  juga telah menemukan sejumlah indikasi pelanggaran di sejumlah daerah lain. Ada dugaan Bupatinya melakukan suatu pelanggaran, di mana mereka mengajak ASN yang berpotensi melanggar aturan netralitasnya. Kondisinya saat ini sedang disidangkan dan dalam proses pengawasan. “Mudah-mudahan Bawaslu dan KPU punya keberanian untuk menegakkan aturan-aturan itu,” paparnya.

Artinya, kata Guspardi lagi, DPR berharap juga mereka tidak melakukan tebang pilih termasuk juga alat peraga jika dilakukan penertiban. Penyelenggara Pemilu jangan pernah melihat partai dan calonnya, kalau memang ada pelanggaran yang dilakukan, misalnya alat peraga tidak sesuai pada tempatnya, maka harus ditertibkan,” ujar Legislator F-PAN ini.***

Penulis : John
Editor   : John

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top