Market

Ketua MPR Dorong Pemerintah Membina UMKM

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Terkait dengan banyaknya masalah yang kerap dihadapi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM.

“Terutama terhadap modal insani/Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meminta Kementerian UMKM dan Koperasi memberikan pelatihan tentang bagaimana cara menjalankan dan memajukan usaha yang dijalankan ditengah situasi global yang tidak menentu, sehingga mereka tetap bisa bertahan dengan usaha yang dijalankan,” demikian Bamsoet, Senin (2/3/2020).

Selain itu, memberikan bimbingan kepada pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran. Misalnya hasil produk, dengan mengarahkan pelaku UMKM untuk memproduksi hasil yang berkualitas dan dengan kemasan yang baik dan memuat unsur-unsur yang ada dalam produk.

Dengan mengarahkan pelaku UMKM mendiskusikan harga dan disesuaikan dengan modal sehingga tidak merugi, mengarahkan pelaku UMKM memperdagangkan produk di tempat penjualan yang strategis yang mudah diketahui dan dibaca konsumen.

“Juga mengikutsertakan pelaku UMKM dalam program Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM), seperti pameran dagang, baik didalam maupun diluar negeri (expo dagang) serta pelaku UMKM dapat membuat brosur untuk dibagikan kepada konsumen, sebagai salah satu cara pelaku usaha menginformasikan produk atau jasanya,” kata Bambang.

“Mendorong pelaku UMKM untuk tetap melakukan upaya peningkatan permodalannya, antara lain dengan meningkatkan penjualan hasil produksi dan melakukan kerjasama dengan kementerian terkait untuk akses pinjaman modal usaha ke perbankan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top