Infrastruktur

Kementerian ESDM dan Pertamina Harus Pastikan Stok BBM Aman Selama Mudik Lebaran 2024

Kementerian ESDM dan Pertamina Harus Pastikan Stok BBM Aman Selama Mudik Lebaran 2024
Anggota Komisi VII Dyah Roro Esti/Foto DPR

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Anggota Komisi VII Dyah Roro Esti meminta Kementerian ESDM dan PT Pertamina untuk memastikan stok BBM aman dan terkendali, khususnya selama musim mudik Lebaran 2024. Sebab, menurutnya, BBM menjadi komoditas energi yang sangat dibutuhkan di tengah kebutuhan mobilitas orang yang meningkat ke beberapa titik menuju pulang kampung.

“Tentu kita berharap karena tentu mobiulitas meningkat, jadi BBM ini merupakan komoditas yang amat sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Dyah Roro, di Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Pertamina memiliki control system, di mana semua kebutuhan energi di seluruh daerah bisa terpantau dari Jakarta. Sehingga, tegasnya, kalau terjadi kelangkaan stok karena tingginya permintaan, hal itu bisa langsung terdeteksi.

“Sehingga mitigasinya bisa terpantau cepat. Kami akan melakukan fungsi pengawasan kami bahwa dalam beberapa hari ke depan semuanya aman dan tidak ada wilayah yang mengalami kelangkaan BBM,” jelas Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyatakan stok dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) lebih dari cukup menjelang perayaan Idulfitri 1445 H/2024 M.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam konferensi pers bersama setelah menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral operasi Ketupat 2024 yang diadakan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) di Jakarta, Senin (25/3/2024).

“Pertamina menyiapkan stok dan pasokan BBM dan LPG lebih dari cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan BBM dan LPG. Pertamina melakukan penambahan stok untuk setiap jenis produknya,” kata Nicke.

Pertamina juga terus meningkatkan pemanfaatan digitalisasi dengan mengawasi secara realtime dan online melalui Pertamina Integrated Enterprise Digital Command Center (PIEDCC). Melalui PIEDCC, Pertamina dapat memantau distribusi serta ketersediaan BBM dan LPG.

Penulis: M Arpas

Editor: Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top