Nasional

Jokowi: Lumbung Pangan Sumut Terapkan Mode Bisnis

MEDAN, SUARAINVESTOR.COM – Presiden Joko Widodo meninjau lumbung pangan atau food estate di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa (27/10/2020). Berdasarkan hasil peninjauan itu, Jokowi pun optimistis hasil dari lumbung pangan baru ini akan mulai bisa dirasakan dalam dua bulan ke depan.

“Insya Allah dalam dua bulan ke depan hasilnya sudah bisa kita lihat, sampai 2,5 bulan, kita lihat saja nanti. Di Sumatera Utara ini ada 60.000 hektare lahan yang tersedia untuk dibangun lumbung pangan baru,” kata Jokowi seusai melakukan peninjauan, seperti disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/10/2020).

Sementara itu yang akan digunakan seluas 30.000 hektare. Lahan itu tersebar di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kabupaten Pakpak Bharat. “Tersebar, tapi tetap di Provinsi Sumut,” kata Jokowi.

Berbeda dengan lumbung pangan di Kalimantan Tengah yang ditanami padi dan singkong, di Sumatera Utara akan fokus ke tanaman holtikultura seperti kentang, bawang merah dan bawang putih. “Saya rasa kita ingin melihat model bussines dan proses bussiness yang akan dilakukan di sini seperti apa. Hitung-hitungannya sudah ada dan ini akan jadi contoh untuk provinsi-provinsi lain yang ingin membuat food estate,” jelas Presiden.

Dalam kunjungan ke lumbung pangan ini Presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Lalu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top