Pertanian

Jelang Panen Raya, Bulog Harus Maksimal Serap Beras Petani

Kumparan.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Memasuki musim panen raya padi April 2021, Anggota Komisi IV DPR Efendi Sianipar mendesak Perum Bulog segera menyerap beras para petani dari daerah sebanyak-banyaknya.
Dengan cara ini, maka cadangan beras pemerintah (CBP) tetap aman, sehingga tidak perlu lagi dilakukan impor beras. “Jadi momentum ini, jangan sampai terlewatkan,
Bulog harus memaksimalkan pembelian beras petani. Dengan ini sekaligus mennyejahterakan kehidupan petani,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (16/4/2021).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa potensi panen raya pada April 2021 ini, diperkirakan mencapai 14,54 juta ton beras atau mengalami kenaikan sebesar 3,08 juta ton (26,84% ) dibandingkan dengan produksi beras pada periode yang sama pada 2020, yakni sebesar 11,46 juta ton.
“Dengan cadangan beras sebesar ini, maka pemerintah tidak perlu lagi impor beras. Karena itu merugikan rakyat,” ujarnya.

Meski begitu, Anggota Fraksi PDIP ini tetap meminta agar Bulog tetap menjaga stabilitas harga pangan, baik harga pembelian kepada para petani maupun harga jual ke pasar. Sehingga para petani tidak dirugikan terlebih saat ini telah memasuki bulan Ramadhan, dimana para petani umumnya sangat membutuhkan pemasukan.

“Sekarang harga gabah di tingkat petani yang saya dengar sudah turun ke harga Rp4.300 per kg. Jadi stabilitas harga harus dijaga, jangan dibiarkan terjadi penurunan harga ini terus terjadi,” ungkap legislator dapil Riau I itu.***

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top