Jawa Timur

Genjot Produk UMKM Lokal, Transaksi SKG Siola-MERR Surabaya Melesat Ratusan Juta

Genjot Produk UMKM Lokal, Transaksi SKG Siola-MERR Surabaya Melesat Ratusan Juta
Ketua Dekranasda Surabaya Rini Indriyani bersama Sang Suami, Ery Cahyadi mempromosikan Produk UMKM/Sumber Foto: Dok Pemkot Surabaya

SURABAYA, SUARAINVESTOR.COM-Pemkot Surabaya mengungkapkan bahwa produk UMKM Surabaya, dari pusat oleh-oleh karya UMKM yakni Kriya Gallery (SKG) Siola dan SKG MERR meraup omzet hingga ratusan juta rupiah per bulan. Adapun SKG menjadi salah satu jujukan wisatawan ketika ingin mencari oleh-oleh. “SKG Siola dan MERR juga bekerja sama dengan Tokopedia,” kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranasda) Surabaya Rini Indriyani, Senin (17/7/2023).

Lebih jauh, Rini menjelaskan bahwa di dalam SKG, ada berbagai jenis makanan dan minuman, serta kerajinan tangan buatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Surabaya. “Oleh-oleh karya UMKM Kota Surabaya yang dijual di SKG pun cukup terjangkau namun dengan kualitas jempolan,” ujarnya.

Sejak diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada 7 Maret 2022 lalu, hingga saat ini SKG meraup omzet ratusan juta. Adapun capaian transaksi setiap minggunya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. “Di SKG Siola kurang lebih mencapai Rp33 juta per minggu, sedangkan per bulan kurang lebih bisa menghasilkan Rp 130 juta,” paparnya.

Sementara itu, lanjut dia, di SKG MERR per minggu bisa menghasilkan kurang lebih Rp16 juta. Sedangkan capaian di SKG MERR selama sebulan bisa mencapai kurang lebih Rp64 juta. Meskipun omzet cukup memuaskan, Rini tak puas begitu saja, peningkatan kualitas produk dan pelayanan di SKG Siola maupun di MERR. SKG saat ini masih belum memiliki laman atau aplikasi khusus berjualan secara daring. Namun untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pembelian secara daring.

Untuk meningkatkan omzet dan pelayanan pembelian, sementara ini pelanggan SKG bisa menggunakan link online shop Pemerintah Kota Surabaya melalui alamat laman epeken.surabaya.go.id dan bisa melalui Tokopedia. “SKG Siola dan MERR juga bekerja sama dengan Tokopedia. Bahkan layanan pesan antar masih menggunakan layanan Gojek dan sejenisnya, dimana ongkos kirim yang muncul dibebankan kepada para pelanggan yang dibayarkan saat barang diterima oleh pelanggan,” pungkasnya.***

Penulis   : Desy (Kontributor Surabaya)
Editor     : Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top