Industri & Perdagangan

GataRI: Sektor UMKM Jadi Penopang Kehidupan Masyarakat Kecil

GataRI: Sektor UMKM Jadi Penopang Kehidupan Masyarakat Kecil
Rapat GataRI membahas berbagai agenda, termasuk penyelamatan UMKM/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kehadiran GataRI harus memiliki arti bagi kalangan wirausahawan terutama terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta kategori usaha Ultra Mikro (UMi). Alasannya, sektor usaha ini benar-benar berada pada level bawah dan membutuhkan bantuan. “Padahal ada puluhan juta manusia Indonesia menggantungkan hidupnya dari sektor kelas usaha ini,” kata Ketua GataRI (Ganjar Kita for RI 1), Burhanuddin Saputu kepada suarainvestor.com usai menggelar rapat internal di Kantornya, Jakarta, Senin (29/11/2021).

GataRI fokus kepada UMKM, kata Alumni FISIP UI, karena saat ini Indonesia masih dalam pemulihan ekonomi nasional. Sehingga UMKM perlu dibangkitkan kembali. “Selain mengurus UMKM, kehadiran organisasi GataRI juga harus berperan penting dalam suksesi kepemimpinan nasional pada pemilihan umum 2024,” ujarnya seraya menjelaskan bahwa rapat dihadiri perwakilan Jakarta Raya, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Dalam rapat tersebut, kata mantan aktivis GP Ansor, selain membahas rencana kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan politik bagi GataRI, juga kaum perempuan GataRI mengusulkan kegiatan peringatan hari ibu, 22 Desember 2021. Sedangkan kaum laki-laki mengusulkan kegiatan doa bersama mengenang jasa almarhum Taufiq Kiemas terkait dengan perjuangan beliau mengenai empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Rapat memutuskan peringatan hari ibu dan doa bersama menjadi satu paket kegiatan. dimana setelah melakukan kegiatan bakti sosial berupa pemberian paket sembako bagi fakir-miskin dan janda, lalu diteruskan dengan kegiatan doa bersama lintas agama.

Dalam kegiatan amal bhakti dan doa bersama ini akan menyasar upaya kebangkitan ekonomi rakyat yang diterpa wabah Corona. Karena itu, kegiatan ini akan melibatkan kalangan wirausaha khususnya yang masuk kategori Usaha Kecil dan Mikro (UKM) serta Ultra Mikro (UMi).

Rencananya, kegiatan GataRI juga akan diisi dengan materi pendidikan dan pelatihan “keterampilan politik” guna memperkuat dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk menjadi Capres dalam pemilu 2024.***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor    : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top