Nasional

Fadel Muhammad: Pancasila Sebagai Ideologi Negara Itu Harga Mati

Fadel Muhammad: Pancasila Sebagai Ideologi Negara Itu Harga Mati
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad/Foto: Dok MPR

GORONTALO, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua MPR RI Prof Dr. Ir. Fadel Muhammad menegaskan bahwa pondasi, ideologi dan dasar negara Indonesia satu-satunya adalah Pancasila, tidak bisa dirubah dan bukan untuk diperdebatkan lagi.  Hal itu harus tertanam kuat dalam diri setiap anak bangsa, terutama generasi mudanya.  “Mengapa Pancasila begitu penting, sebab Pancasila adalah elemen luarbiasa yang mampu mempersatukan segenap bangsa Indonesia yang sangat beragam. Pancasila juga terbukti mampu menjaga bangsa ini dari segala permasalahan dan tantangan sejak Pancasila lahir hingga kini,” kata Fadel Muhammad, saat memberikan materi Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan Gerakan Pemuda Marhaen.

Sosialisasi yang digelar Bulotadaa, Gorontalo, pada Kamis (20/7/2023) ini dihadiri tokoh Gorontalo Haji Lala, Staf Khusus MPR Hasan Shahab serta para santri AlKhairaat dan pemuda setempat. Pancasila, lanjut Fadel Muhammad, adalah salah satu daripada elemen nilai-nilai luhur bangsa yang ada dala Empat Pilar MPR RI.  Tiga unsur lainnya adalah UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “MPR sangat memahami dan concern dengan masalah ini.  Itulah yang membuat MPR gencar melaksanakan gerakan pemahaman kembali nilai-nilai luhur kepada seluruh anak bangsa, yang kami sebut sebagai Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan menyasar berbagai elemen bangsa dan menggunakan metode-metode yang dipahami masyarakat,” ujarnya.

Pimpinan MPR dari Kelompok DPD Dapil Provinsi Gorontalo ini sangat mengapresiasi antusiasme generasi milenials yang ikut sebagai peserta sosialisasi kali ini.  “Jika seluruh generasi muda Indonesia memiliki kecintaan begitu besar kepada nilai-nilai luhur bangsanya, saya yakin bangsa ini di masa depan akan berada di tangan yang tepat yakni manusia unggul yang berkarakter kebangsaan tinggi,” tambahnya.

Di sesi akhir, Hasan Shahab menggelar kuis dadakan Empat Pilar kepada para peserta.  Dalam kuis itu, peserta generasi muda diuji wawasannya seputar MPR dan kebangsaan. Fadel Muhammad memberikan penghargaan dan apresiasi kepada sebagian besar peserta, walaupun terlihat malu-malu tapi mampu menjawab seluruh  pertanyaan kuis.***

Penulis  : M Arpas

Esitor    : Budiana

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top