Infrastruktur

Empat Tol Mangkrak Jadi Sorotan DPR

Empat Tol Mangkrak Jadi Sorotan DPR

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Sejumlah proyek pembangunan jalan tol yang mangkrak menjadi sorotan DPR. Kondisi ini harus segera dipecahkan masalahnya, karena bisa dianggap, pemerintah tak serius menyelesaikan infrastruktur. “Masalah 4 Tol mangkrak ini, akan kami tanyakan kepada Menteri PUPR pada masa sidang mendatang,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR Arwani Thomafi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Diakui Arwani, ruas-ruas tol yang mangkrak ini berbeda-beda permasalahannya. Jadi ada yang masalahnya soal pembebasan lahan, lalu soal modal kerja perusahaan dan lain-lainnya. “Tentu setiap masalah tol ini, saya akan tanyakan bagaimana progresnya. Begitupun dengan soal PNM yang dibutuhkan oleh BUMN yang mengerjakan tol tersebut,” ujarnya.

Ilustrasi

Ilustrasi

Namun demikian, kata Politisi PPP ini, harus ada prioritas dalam penyelesaian infrastruktur ini. Karena itu, proyek tol tersebut jangan sampai menjadi beban pemerintahan Jokowi-Maruf di masa depan. “Makanya, proyek-proyek ini menjadi perhatian serius DPR,” imbuhnya.

Berdasarkan catatan, ada sekitar 4 proyek tol yang disinyalir mangkrak alias jalan di tempat, Mandeg.

1.Serpong-Balaraja
Serpong-Balaraja Karena Biaya Ganti Rugi. Penyelesaian proyek ini terkendala karena warga di wilayah yang dilewati proyek tol ini menolak sepakat untuk harga ganti rugi tanah yang ditetapkan.

2.Padang-Sicincin
Ruas tol ini merupakan bagian dari pembangunan proyek Tol Trans Sumatera. Proyek ini terkendala, lantaran tol ini harus melewati tanah pusaka dan bersifat produktif yang dimana membuat proses pembubaranya lahannya sangat pelik.

3.Medan Binjai & Binjai-Langsa 1. Dua ruas tol ini agaknya membutuhkan percepatan investasi sebab kebutuhan dananya besar sedangkan ketersediaannya terbatas.

4.Tol Yogya-Solo,
pembangunan tol di wilayah tengah Pulau Jawa ini juga tak berjalan lancar lantaran melewati lahan parkir di rumah situs berisi kisah penemuan harta karun Mataram Kuno. ***

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top