Nasional

Dugaan Tumpang Tindih NIB, Warga Utara Tangerang Demo BPN dan DPRD

TIGARAKSA, SUARAINVESTOR.COM – Ratusan Massa yang berasal dari Kabupaten Tangerang wilayah Utara menggelar aksi demontrasi di depan Kantor BPN Kabupaten Tangerang, Kamis, (27/8/2020). Dalam aksinya ratusan massa yang terdiri dari aktivis Tangerang Utara tersebut, menyoroti dugaan  tumpang tindih nomor identifikasi bidang (NIB). Hal itu terjadi lantaran diduga adanya permainan antara oknum pejabat BPN Kabupaten Tangerang dengan mafia pertanahan.

Mengingat wilayah utara Kabupaten Tangerang, merupakan kawasan yang kini menjadi perluasan pengembangan wilayah pembangunan pusat pemukiman elit dan bisnis oleh beberapa pengembang besar. Sehingga masif terjadinya pembebasan lahan, yang kemudian dimanfaatkan oleh para spekulan tanah.

Berdasarkan pantauan lapangan Aksi Masa di depan Kantor BPN Kabupaten Tangerang dijaga ketat oleh aparat Kepolisian dari Resort Kota Tangerang. Massa yang berkumpul sejak pagi langsung menyuarakan aspirasinya dengan mobil komando, dan memasang spanduk berisi tuntutan, untuk kejelasan soal tumpang tindih NIB. Dimana sebagian besar wilayah Utara Kabupaten Tangerang didalam data BPN diduga dikuasai oleh oknum yang diduga kuat sebagai spekulan.

Koordinator aksi massa, Dulamin Zhigo mengatakan dugaan tumpang tindih NIB ini membuat adanya keresahan yang dikalangan masyarakat di Kabupaten Tangerang Utara, terkait Nomor Identifikasi Bidang (NIB) yang dikuasai oleh oknum. Untuk itu aktivis Tangerang Utara ini meminta kepada Pihak BPN Kabupaten Tangerang agar memberikan penjelasan kepada masyarakat, terkait persoalan tersebut. “Kami menduga ada oknum BPN Kabupaten Tangerang dan Pemdes yang bermain dengan mafia pertanahan, untuk menerbitkan NIB tanah masyarakat menjadi milik orang lain. Aksi ini diduga dilakukan secara terstruktur,” ujarnya.

Untuk itu tambah Zhigo menyatakan, pihaknya menuntut BPN Kabupaten Tangerang untuk segera mengembalikan NIB ke pemilik awal. Selain itu ia juga meminta kepada DPRD Kabupaten Tangerang sebagai wakil rakyat untuk melakukan pendampingan dan menggunakan kewenangannya untuk segera memanggil BPN Kabupaten Tangerang agar membuka persoalan ini secara jelas. Sehingga hak-hak rakyat yang memiliki tanah di wilayah Utara Kabupaten Tangetang dikembalikan. “Kami pun meminta kepada Bupati Tangerang untuk bersikap terbuka dalam masalah ini. Kami juga meminta agar aparat penegak hukum melakukan penyelidikan terhadap persoalan ini. Karena diduga sudah terjadi kasus pidana maupun perdata dalam persoalan ini,” katanya.

Dalam aksi ini para perwakilan diantara tokoh masyarakat Utara Kabupaten Tangerang Heri Heriawan diterima oleh kepala kantor BPN kabupaten Tangerang. Kepala BPN kabupaten Tangerang Gembong berjanji akan menyelesaikan aduan masyarakat ini secepatnya dan akan menghentikan seluruh pengajuan permohonan NIB dan sertifikat yang di duga bermasalah.

Sementara itu dalam pertemuan lanjutan dengan DPRD Kabupaten Tangerang. Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail, beserta beberapa anggota dewan lainnya, seperti Sapri dari Fraksi PKS, Ubaidilah dari Fraksi Demokrat menyatakan dukungan nya terhadap aksi tersebut. “Kita mendukung upaya yang dilakukan oleh masyarakat, aspirasi yang disampaikan ini akan kami tindaklanjuti, kami akan melakukan koordinasi dengan BPN Tangerang dan Pemda, sehingga hak-hak masyarakat dalam kepemilikan tanah terjamin,” katanya. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top