Nasional

Dinilai Layak Jadi Waka MPR, HT Berpengalaman Memimpin Sejumlah AKD Dibanding Lainnya

Ketua BKSAP DPR, Hafisz Tohir saat memimpin sidang IPU, Bali/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kosongnya kursi Wakil Ketua MPR paska ditinggalkan Zulkifli Hasan setelah menjadi Menteri Perdagangan ramai diperbincangkan internal PAN. Bahkan Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi sempat menyebut sejumlah nama-nama potensial yang bisa layak menduduki jabatan Wakil Ketua MPR tersebut. Di antaranya ada nama besar adik kandung Hatta Rajasa yang juga Wakil Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Ir. H Achmad Hafisz Tohir. “Saya sudah lama kenal Pak Hafisz Tohir. Bahkan Hafisz sangat layak dan pantas memimpin lembaga sekelas MPR RI. Karena berpengalaman memimpin sejumlah AKD,” kata Rektor Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Jawa Barat Mangadar Situmorang di Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Dengan pengalaman banyak memimpin AKD, berarti Hafisz Tohir (HT) memiliki komunikasi yang bagus dengan lintas partai dan komisi DPR. “HT, pernah jadi pimpinan Komisi VI DPR, Komisi XI DPR dan sekarang Pimpinan BKSAP DPR. Politisi senior PAN dan memiliki jam terbang yang tinggi, sehingga tidak diragukan kualitasnya,” ujarnya.

Mangadar menilai, selama menjadi Anggota DPR RI dua periode (2014–2019, 2019–2024) dan memimpin BKSAP DPR RI saat ini, wawasan kebangsaan yang terlihat dan tersirat sangat mumpuni. Tak hanya itu, puji Mangadar, gagasan besar Hafisz buat negeri untuk menjaga keanekaragamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat matang dan mumpuni.

“Beliau memiliki wawasan kebangsaan yang sangat luas. Tak hanya luas tapi sudah matang, sehingga kita mengharapkan bagaimana beliau bisa mendedikasikan diri buat rakyat bangsa ini di MPR. Jaringannya pun sangat luar baik di jejaring internasional maupun nasional,” jawab Mangadar.

Menurut Mangadar, tidak ada kendala yang berarti bagi HT, karena beliau juga sangat komunikatif. Bergaul dengan berbagai kalangan, baik pemerintah maupun swasta, kalangan akademisi maupun masyarakat umum. Sangat terbuka dan bersahabat.

Sebelumnya, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno telah menyebutkan bahwa pengganti Zulhas sebagai Wakil Ketua ditangan Ketua Umum DPP PAN, dalam hal ini ditetapkan sendiri oleh Zulhas. Rencananya, pengganti dirinya menjadi Pimpinan MPR RI segera diputuskan waktu dekat ini.

“(Terkait yang mengisi kekosongan pimpinan MPR RI) Pak Zul ya tentukan selaku Ketua Umum, karena penentuan jabatan Wakil Ketua MPR itu wewenangan Ketua Umum Pak Zulkifli Hasan yang rencananya akan diputuskan pada waktu dekat ini,” ujar Eddy saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (15/6/2022). ***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor    : Kamsari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top