Nasional

Diduga Terjadi Pergeseran Suara Caleg PKB di Daerah Pemilihan Sumedang Utara

Diduga Terjadi Pergeseran Suara Caleg PKB di Daerah Pemilihan Sumedang Utara
Diduga Terjadi Pergeseran Suara Caleg PKB di Daerah Pemilihan Sumedang Utara/foto anjasmara

SUMEDANG, SUARAINVESTOR.COM – Hasil Pleno PPK Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dianggap aneh. Hal itu ditegaskan oleh Koordinator Relawan Melawan Kecurangan (Remek), Dimana salah satu calon legislatif (caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk DPR RI, hasil plenonya diduga tidak sesuai dengan suara yang sebenarnya.

Menurut Deni, dari hasil D1 Pleno Kecamatan Sumedang Utara, suara Caleg PKB DPR RI nomor urut 3 Neng Supartini suaranya naik mencapai 1438. Padahal dari hasil C1, suaranya hanya sebesar 556 saja. Sementara suara partai PKB di Pleno Kecamatan hanya sebesar 363 dari 1245 suara dari hasil C1.

“Kami menyesalkan proses perhitungan dan pleno yang telah dilakukan di Kecamatan Sumedang Utara yang diduga secara sengaja melakukan pergeseran suara untuk menguntungkan caleg tertentu,” tegas Deni Nurjaman pada wartawan di Sumedang, Senin (26/2).

Menurut dia, peningkatan suara Neng Supartini diduga diambil dari suara-suara caleg lain serta suara partai. Ia menduga, ada kongkalikong antara PPK dengan Panwascam kecamatan setempat, juga saksi dari partai.

Sementara itu Gerakan Aksi Umat Melawan (GAUM) H. Agus meminta Bawaslu Sumedang dan KPU Sumedang untuk segera mengusut tuntas dan mengambil tindakan terhadap semua yang terlibat dalam kongkalikong tindakan manipulatif ini.

“Kami menduga ada cara sistematis yang dilakukan oleh oknum-oknum penyelenggara dan pengawas di Kecamatan Sumedang Utara untuk menggeser suara kepada seorang caleg di Partai PKB,” kata Agus.

Agus berharap publik terus terlibat aktif dalam menjaga suara-suara yang kini masih terus dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan. “Kita tidak ingin suara rakyat dirampok oleh oknum-oknum politisi culas yang menggunakan segala cara untuk menang,” ungkap Agus.

Terakhir, Agus bakal melakukan klarifikasi kepada Ketua DPC PKB Sumedang atas kejadian ini. Pasalnya, saksi yang ditugasi untuk mengawal suara di Pleno PPK Sumedang Utara mendapat mandat dari DPC PKB Sumedang.

Penulis: M Arpas

Editor: Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top