Market

Di tengah Pandemi, Alibaba Cloud Bantu Transformasi Digital Untuk Mitra Perusahaan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Masa pandemi Covid-19 cukup panjang, sehingga membuat repot kinerja perusahaan. Oleh karena itu Alibaba Cloud berkomitmen mendukung banyak perusahaan dengan berbagai kebutuhan transformasi digital.
“Sepanjang 2020, kami mendukung pertumbuhan perusahaan-perusahaan di Asia dengan meningkatkan kemampuan dan kesinambungan bisnis di Kawasan Asia yang terdampak berat akibat pandemi,” kata Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence, Rabu (27/1/2021)

Lebih kata Selina Yuan, pihaknya berharap dapat menyiapkan lebih banyak talenta digital yang unggul dan memiliki kemampuan dari mulai teknologi
cloud, artificial intelligence, maupun
data analytics, kami berharap para talenta digital ini dapat memenuhi kebutuhan transformasi digital bagi beragam jenis perusahaan di pasar Asia.

Disisi lain, Investree yang merupakan perusahaan fintech asal Indonesia sebagai penyedia platform pinjaman (lending) B2B bagi kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM)
telah berkolaborasi dengan Alibaba Cloud dalam hal elastic computing, database
serta menerapkan sistem pada Alibaba Cloud Container Service for Kubernetes,
platform container berbasis cloud-native yang sesuai dengan arsitektur aplikasi layanan mikro yang kompleks.

Begitupun dengn PrestoMall, platform
e-commerce terbesar asal Malaysia, telah memanfaatkan PolarDB,layanan database relasional cloud-native Alibaba Cloud. Langkah ini  untuk mendukung pertumbuhan mereka dengan biaya yang hemat. Terbukti, perusahaan ini menghemat hingga lebih dari 40% biaya operasional setelah melakukan migrasi data.

Sepanjang 2020, Enish, perusahaan gim dari Jepang, juga memanfaatkan serangkaian solusi khusus gim dari Alibaba Cloud. Mulai dari Container Service for Kubernetes,  database cloud-native
, log service, Server Migration Center hingga DingTalk, aplikasi yang memungkinkan komunikasi antar kantor.
Hasilnya, Enish dapat mengefektifkan waktu untuk memproses data sebanyak 50% dengan meminimalisir 30% biaya server.

Apabila sebelumnya untuk menguji coba sebuah gim baru membutuhkan waktu hingga 20 hari, kini, berkat dukungan teknologi Alibaba Cloud, Enish dapat melakukannya hanya dalam kurun waktu 7 hari.

Berbagai kisah sukses adopsi teknologi Alibaba Cloud dan solusi industri, juga datang dari beragam industri, mulai dari  industri hiburan hingga asuransi, termasuk Kumu, platform livestreaming dan hiburan di Filipina
yang telah memanfaatkan Live Streaming Solutions
persembahan Alibaba Cloud untuk menyuguhkan konten-konten yang lebih variatif serta pengalaman komunikasi yang mulus bagi para kurator dan penonton; Luen Fung Hang Insurance, pionir layanan asuransi di Makau, Tiongkok, turut memaksimalkan pelayanannya dengan solusi hybrid cloud dan keamanan dari Alibaba Cloud. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top