Nasional

Covid-19 Meningkat, DPR: Pemerintah Harus Konsentrasi pada Aspek Pencegahan

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, meminta pemerintah dan masyarakat harus konsentrasi pada aspek pencegahan menghadapi meningkatnya pandemi covid-19 saat ini. Hal itu dibarengi dengan membuat posko pencegahan berbasis komunitas dari RT, RW, Dusun, Kampung, Puskesmas, Rumah Sakit dan sebagainya.

“Trend penambahan angka penularan covid-19 yang menyentuh 1 juta dengan trend angka penularan yang masih tinggi, transmisi lokal di berbagai daerah meningkat, angka positif masih tinggi, angka kematian tinggi, keterisian tempat tidur darurat (ICU) dan isolasi terus naik, dan tenaga kesehatan yang terpapar terus bertambah menandakan konsentrasi utama kerja melawan covid-19 harus pada aspek pencegahan,” demikian politisi Golkar itu, Rabu (27/1).

Karena itu kata Melki – sapaan akrabnya, aspek hulu perlu mendapat perhatian ekstra dengan diberikan program khusus dan dukungan anggaran yang memadai, sehingga efektif dan efisien.

“Pencegahan itu mesti dilakukan berbasis komunitas dari RT, RW, dusun, kampung, dan sebagainya untuk membuat semacam Satgas atau Posko bersama berbagai pihak termasuk unsur tenaga kesehatan terdekat di Puskesmas atau Remah Sakit,” ujarnya.

Menurut dua, kini, saatnya memperkuat kebersamaan dan sinergi lintas pihak berbasis komunitas yang juga dilakukan bertingkat di desa, kelurahan, kecamatan, kota, kabupaten, propinsi sebagaimana yang berjalan dengan baik di pusat melalui Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) yang dipimpin Airlangga Hartarto.

“Semua tingkatan bergandengan tangan dan gotong royong pusat sampai daerah saat ini fokus ke pencegahan semoga memperkuat upaya vaksinasi gratis dalam mengendalikan pandemi dan membentuk herd immunity 70% sehingga rencana Presiden Jokowi bisa terbentuk setahun ke depan,” pungkasnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top