Market

Cegah Virus Corona, Perketat Wisatawan Asal China

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Anggota Komisi X DPR Ali Zamroni minta industri pariwisata waspada terkait penyebaran Virus Corona yang berasal dari Wuhan, China. Bandara-bandara internasional tempat ke luar masuknya wisatawan asing harus diperketat. “Saya minta perketat turis atau wisatawan dari China. Ini semata-mata demi pencegahan agar penyakit ini tidak menyebar,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Lebih jauh kata Ali, wabah Virus Corona (coronavirus) ini sedang menjadi sorotan dunia, karena dilaporkan sudah ada jumlah korban yang meninggal. Melansir laman Straitimes, 24 dari 25 korban meninggal itu berada di Wuhan, pusat Provinsi Hubei. “Tentu sektor pariwisata harus memikirkan dampak dari penyakit tersebut,” tambahnya.

Politisi Gerindra ini memprediksi kemungkinan target wisman 18 juta orang tidak akan tercapai. Karena selain adanya wabah penyakit, juga disebabkan hal lain. Misalnya soal daya saing dan daya tarik pariwisata di Indonesia yang tetap kalah dibandingkan negara tetangga jika tidak ada perbaikan secara kualitas.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan jumlah wisatan mancanegara (wisman) dari China sepanjang Januari-Oktober 2019 mencapai 1,77 juta orang. Jumlah turis China ke Indonesia pada 2019 ini turun 5,28% dari periode yang sama 2018.

Penurunan jumlah wisman asal Negeri Tirai Bambu disebabkan oleh kondisi perekonomian global yang terus melambat dan berdampak kepada sektor pariwisata.

Secara kumulatif jumlah kunjungan wisman ke Indonesia sepanjang tahun berjalan mencapai 13,62 juta kunjungan atau naik 2,85% (ytd) dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2018 yang berjumlah 13,25 juta kunjungan.

Berdasarkan kebangsaan, kunjungan wisman yang datang ke Indonesia paling banyak berasal dari negara Malaysia sebanyak 241,1 ribu kunjungan (17,80%), Tiongkok 160,4 ribu kunjungan (11,85%), Singapura 145,2 ribu kunjungan (10,72%), Australia 131,9 ribu kunjungan (9,74%), dan Timor Leste 92,0 ribu kunjungan (6,79%). *

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top