Nasional

Cegah Virus Corona, MPR Minta Tingkatkan Kerjasama ASEAN

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Dalam rangka mencegah virus penyakit corona, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Menteri Luar Negeri (Menlu) RI untuk meningkatkan kolaborasi negara-negara di kawasan dengan menjalin koordinasi yang kuat antarnegara di kawasan ASEAN.

“Seperti menyediakan jalur komunikasi hotline antara ASEAN-Cina untuk melakukan pertukaran informasi terbaru guna mencegah, mengendalikan, dan meminimalkan dampak wabah Covid-19 itu,” tegas Bamsoet di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Hal itu disampaikan terkait dengan Menlu RI yang mengajak kolaborasi negara-negara di kawasan, khususnya antara negara-negara ASEAN dan Cina untuk mencegah dan memberantas wabah virus corona (Covid-19).

Juga, memperkuat mekanisme kerjasama ASEAN-Cina dalam menghadapi krisis wabah endemik (Covid-19), salah satunya dengan segera merealisasikan usulan pembentukan ASEAN-Cina Ad-Hoc Health Ministers Joint Task Force, yang memfokuskan kerjasama dengan melakukan pertemuan tim ahli dan mendorong riset serta produksi bersama untuk deteksi virus dan vaksin Covid-19.

Untuk itu kata dia, negara-negara ASEAN dan Cina harus memperkuat strategi komunikasi, mengingat komunikasi dan edukasi publik terkait wabah Covid-19 sangat penting untuk mencegah kepanikan dan kebingungan masyarakat akibat wabah tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top