Market

Cegah Covid-19, Relokasi Anggaran Untuk Jaring Pengaman Sosial

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pemerintah diminta segera melakukan karantina wilayah. Kebijakan ini dianggap efektif menekan penyebaran virus korona (covid-19) di Tanah Air.

“Karantina wilayah untuk menghentikan persebaran virus korona menjadi alternatif utama, namun misi penyelamatan nyawa manusia tidak bisa ditawar, harus menjadi komitmen bersama,” kata Anggota Komisi IX DPR Intan Fauzi dalam keterangan tertulis, Selasa, 31 Maret 2020.

Salah satu beban penerapan karantina wilayah yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal itu tercantum dalam Pasal 55 Undang- Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Kebutuhan hidup dasar orang dan makanan hewan ternak yang berada di wilayah karantina menjadi tanggung jawab pemerintah,” kata dia.

Menurutnya, beban tersebut bisa diantisipasi dengan kebijakan realokasi anggaran. Perubahan postur pembiayaan harus dialihkan untuk penanganan wabah korona, salah satunya memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Intinya, semua upaya harus kita lakukan untuk menyelamatkan kehidupan warga negara dan perekonomian nasional,” kata dia.

Realokasi anggaran juga bisa digunakan untuk kebijakan jaring pengaman sosial (social safety net). Kebijakan ini perlu dibuat untuk membantu masyarakat yang terdampak korona.

Implementasi kebijakan bisa diterapkan melalui bentuk bantuan langsung tunai (BLT) maupun dalam bentuk lainnya. Pekerja nonformal jadi prioritas bantuan ini.

“Seperti pedagang gerobak keliling, kuli bangunan harian, sopir ojek maupun angkot, dan semua profesi informal lainnya,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top