Headline

BI Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

BI Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen
Logo Bank Indonesia/Sumber Foto: Dok Kompas

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COMBank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DDR) di level 6 persen. Keputusan tersebut diambil melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 22 dan 23 November 2023. “Keputusan ini tetap konsisten dengan kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah dari dampak ketidakpastian global,” kata Gubernur BI, Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis, (23/11/2023).

Begitupun, kata Perry lagi, suku bunga deposit facility juga dipertahankan di level 5,25 persen dan suku bunga lending facility di posisi 6,75 persen. “Serta sebagai langkah preemptive dan forward looking untuk memitigasi dampaknya terhadap inflasi,” ujarnya.

Lebih jauh kata Perry, bahwa keputusan BI diharapkan dapat menjaga inflasi pada 2023 tetap terkendali sebesar 3 plus minus 1 persen dan 2,5 plus minus 1 persen pada 2024. Kebijakan makroprudensial longgar juga terus ditempuh oleh BI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan memperkuat implementasi kebijakan insentif likuiditas makroprudensial dan penurunan rasio penyangga likuiditas makroprudensial untuk mendorong penyaluran kredit ke dunia usaha.

Selain itu, digitalisasi sistem pembayaran terus diakselerasi untuk memperluas inklusi ekonomi dan keuangan digital, termasuk digitalisasi transaksi keuangan pemerintah pusat dan daerah. Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor    : Kamsari

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top