Industri & Perdagangan

Gandeng SDA, ARI Ekspansi Bisnis Ke Industri Jasa Laboratorium Uji

Gandeng SDA, ARI Ekspansi Bisnis Ke Industri Jasa Laboratorium Uji
Penandatanganan kerja sama PT ARI dan PT SDA/Foto: Dok PT ARI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM
PT.Antam Resourcindo (ARI) melakukan ekspansi bisnis ke industri jasa laboratorium uji komersial dengan menggandeng PT Sumberdaya Arindo (SDA).

Adapun sinergi dua perusahaan itu melalui penandatanganan kontrak kerja sama pekerjaan jasa preparsi sampel dan analisis sampel laboratorium. Lokasi laboratorium tersebut beradi di Tanjung Buli, Halmahera Timur, di area Izin Usaha Pertambangan (IUP) SDA. “Selain menambah portofolio, tentunya proyek ini juga akan menambah revenue perusahaan,” kata Direktur Utama ARI, Muhammad Abi Anwar usai penandatangan tersebut, di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Seperti diketahui, ARI merupakan anak perusahaan PT.ANTAM Tbk (ANTAM) yang bergerak di bidang jasa pertambangan. Selain berpengalaman dalam jasa eksplorasi, jasa pertambangan dan jasa transportasi komoditas mineral, pada 2023 ini ARI melakukan ekspansi bisnis ke jasa laboratorium uji. “Proyek ini adalah bagian dari langkah kami selaku anak perusahaan ANTAM di bidang jasa yang memiliki visi untuk menjadi one stop exploration and mining service company, khususnya di internal ANTAM,” ujar Muhammad Abi Anwar lagi.

Lebih jauh Abi menjelaskan bahwa laboratorium ini menjadi laboratorium komersial pertama Grup ANTAM dan diharapkan ke depan dapat melayani seluruh kebutuhan pengujian mineral di Grup ANTAM, baik hasil produksi maupun eksplorasi.

Dikatakan Abi, ARI berhasil menuntaskan konstruksi laboratorium uji ini hanya dalam waktu 2 bulan setelah mendapatkan surat perintah kerja dari SDA selaku project owner. Dalam waktu yang singkat ini, ARI membangun fasilitas laboratorium berupa fasilitas preparasi sampel dan fasilitas analisa sampel untuk melayani hasil produksi pertambangan nikel SDA yang menargetkan 3 juta Wet Metric Ton (WMT) per tahun.

“Terima kasih kepada pihak SDA yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dan mewujudkan sinergi antar anak usaha ANTAM. Kami pun sangat siap jika mendapat kepercayaan untuk melayani jasa sejenis kepada perusahan lain baik BUMN maupun swasta, khususnya yang berada di Kawasan Indonesia Timur,” pungkas Abi.

Sementara Itu Pelaksana Tugas Direktur Utama PT. SDA, Fariq Riodhibillah, mengatakan kerja sama ini merupakan babak baru bagi SDA yang dapat bekerjasama dengan sesama anak perusahaan dari ANTAM.

“Penandatangan ini merupakan salah satu langkah kedepan bersama sama menjunjung tinggi profesionalitas dalam pelaksanaan pekerjaan di masing-masing anak perusahaan,” ungkap Fariq

Fariq berharap kerjasama ini dapat meningkatkan pelayanan kedua perusahaan serta dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam menjalankan proses preparasi dan analisa sampel.***

Penulis : Chandra
Editor   : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top