Pertanian

Ancaman Krisis Pangan, MPR Desak Menko PMK Fokus Pertanian

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hingga 9 bulan bisa mengancam kehidupan manusia. Bahkan tidak hanya memporak-porandakan kehidupan ekonomi masyarakat, namun juga mengancam keselamatan jiwa. “Pemerintah sebaiknya fokuskan kembali kepada sektor pertanian, saat pandemi Covid-19 ini. Program pertanian harus didukung, sebagai bentuk dukungan pembangunan manusia,” katanya dalam diskusi bertema ‘Mengoptimalkan SDM di tengah pandemi Covid-19’ di MPR, bersama Menko PMK Prof Muhajir Effendi, Rabu (2/12/2020).

Bamsoet-sapaan akrabnya siap mendukung kebijakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy terkait pemberdayaan manusia dan masalah kesejahteraan. Karena dampak pandemi sudah nyata, bahkan mengakibatkan terjadinya PHK dan menyebabkan 12 juta pengangguran. “Namun dibalik pandemi ini, membawa juga berkah. Masyarakat banyak membuka usaha, misalnya kuliner dengan menggabungkan teknologi digital. Jadi mari ciptakan program yang membawa masyarakat dari kota kembali ke desa,” ungkapnya.

Lebih jauh Bamsoet memprediksi kondisi Indonesia dalam 3 hingga 4 tahun ke depan belum jelas arahnya. Apalagi ancaman Covid-19 ini belum bisa ditekan. Karena itu sumberdaya manusia (SDM) hari ini, harus diubah paradigmanya.  “SDM kita hari ini harus diubah maindsetnya. Kondisi pengangguran makin tinggi akibat PHK. Karena itu, ayo kembali ke desa dan bekerja di desa, membangun dan menghasilkan dari desa. Hidup di desa, tapi rezekinya kota,” lanjut Mantan Ketua DPR RI itu.

Makanya, Bamsoet minta pemerintah serius memberikan dukungan kepada program pertanian, mulai dari penyediaan lahan pertanian, pinjaman kredit pertanian hingga memperlonggar akses kebutuhan pertanian bagi para petani. “Harus ada dukungan penuh, untuk sektor pertanian dan melonggarkan akses kebutuhan pertanian juga harus diberikan,” pinta Bamsoet.

Menanggapi usulan dari Ketua MPR RI itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan sepakat atas hal tersebut. Serta bertekad untuk menindaklanjuti usulan itu, demi mendukung Indonesia maju menjadi 1 dari 5 negara pensuplai kebutuhan pangan di Dunia.

Muhadjir mengakui saat ini ada ancaman krisis pangan yang akan melanda dunia nantinya. “Pastinya usulan baik itu, akan kita tindak lanjuti untuk selanjutnya menjadi program,” kata Muhadjir Effendy. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top