Investasi

Sri Mulyani : Banyak Aturan Justru Lemahkan Daya Saing

JAKARTA-Kementerian Keuangan kecewa dengan perilaku Pemerintah Daerah yang produktif mengeluarkan aturan. Karena akan melemahkan daya saing. Apalagi Presiden Joko Widodo sudah minta hindari aturan yang menghambat investasi. “Semakin membuat Indonesia tidak terintegrasi, tetapi malah terpecah-pecah menjadi berbagai daerah yang kemudian mengurangi daya saing kita sendiri,” kata kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Menurut Ani-sapaan akrabnya, Indonesia merupakan negara yang besar tetapi kemudian tidak diuntungkan dari sisi size-nya itu karena pemerintah daerah baik kota, kabupaten, provinsi, nasional semuanya berlomba-lomba membuat peraturan.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia, Presiden Joko Widodo juga berpesan agar koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah diperkuat. “Dengan begitu, pembangunan di daerah bisa lebih berkualitas,” jelasnya.

Misalnya, salah satu yang diminta Presiden yakni rencana pembangunan waduk. Kementerian Pekerjaan Umum wajib berkoordinasi dengan pemerintah daerah sehingga pembangunan waduk bisa disesuaikan dengan kebutuhan pertanian.
“Juga untuk masalah-masalah yang lain untuk transportasi antara pelabuhan dengan jalan raya. Itu akan memberikan kemungkinan seperti yang disebutkan oleh Bapak Presiden, terkoordinasi antara pusat dan daerah,” kata Sri Mulyani.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top