Industri & Perdagangan

Sachrudin: Kopalpin-UMKM Perlu Bersinergi Agar Tumbuh Gotong Royong

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin bersama pengurus Kopalpin memamerkan salah satu produk Kopalpin/Foto: Anjasmara

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM-Wakil Walikota Kota Tangerang, Sachrudin mengungkapkan Kopalpin dapat menjadi pendorong peningkatan kualitas koperasi dan UMKM di Kota Tangerang yang jumlahnya lebih dari 400 unit. Karena itu, Kopalpin harus menjadi mitra strategis dalam pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Setidaknya Kopalpin dapat bersinergi dan ikut membangun koperasi serta UMKM yang ada di Kota Tangerang,” katanya usai menghadiri peluncuran Koperasi Alumni Ikopin (Kopalpin) di De Poris Cafe, Cipondoh, Minggu (28/11/2021). Hadir pula dalam acara itu, Ketua Kopalpin Tangerang Raya, Abie Zulkarnaen dan Ketua DPP IKOPIN, Entis Sutisna.

Lebih jauh Sachrudin mengungkapkan koperasi yang identik dengan azas gotong royong dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong di masyarakat. Sehingga tidak saja ikut membangun ekonomi tapi juga ikut mempererat persatuan masyarakat. “Sehingga menghindari perselisihan yang sering terjadi di masyarakat,” ujarnya.

Ketua DPD Golkar Tangerang ini mengapresiasi beberapa bidang usaha yang digarap Kopalpin diantaranya, usaha perdagangan besar dan kecil, travel wisata, jasa konsultan, kontraktor, agrobisnis, permodalan, dan kuliner (makanan dan minuman) dengan produk andalannya Seafood Jelata, Ikan segar, minuman lidah buaya dan kopi.

Sementara itu, Ketua Kopalpin Tangerang Raya, Abie Zulkarnaen mengakui awalnya gagasan untuk mendirikan koperasi ini untuk membantu memajukan usaha anggota. “Namun kita perluas untuk berkontribusi, bukan saja mengembangkan koperasi di Kota Tangerang, tapi juga untuk skala nasional,” katanya.

Abie yang juga menjabat Ketua DPD Ika Ikopin Benteng Raya menjelaskan para alumni yang tergabung di Benteng Raya sebanyak 125 orang otomatis menjadi anggota koperasi. “Walau koperasi didirikan oleh alumni Ikopin, keanggotaan Kopalpin terbuka buat masyarakat umum,” tambahnya.

Kedepan, lanjut Abie, Kopalpin dapat berkolaborasi dengan potensi bisnis para alumni yang ada di Tangerang tapi juga alumni yang berada di daerah, antar koperasi juga dunia usaha lainnya.

Sedangkan Ketua DPP Ika Ikopin Entis Sutisna, menyambut gembira dengan kehadiran koperasi alumni Tangerang. “Saya berharap DPD lainnya termotivasi untuk mendirikan koperasi seperti alumni di Tangerang. Kami mendorong dan siap memberi stimulus untuk berintegrasi dengan koperasi lainnya,” tegasnya.

Entis melihat berdirinya Kopalpin sebagai kontribusi alumni membangun koperasi, membuka lapangan usaha dan bagi masyarakat. ***

Penulis : A Rohman
Editor   : Budiono

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top