Nasional

RUU Hak Asuh Anak Korban Perceraian Terus Digelindingkan DPR

RUU Hak Asuh Anak Korban Perceraian Terus Digelindingkan DPR
Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina/Foto: Dok DPR

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR mendorong rancangan undang-undang (RUU) hak asuh anak korban perceraian. Hal ini karena banyak ibu pejuang anak yang ingin mendapatkan haknya setelah perceraian. “Hari ini saya mendampingi ibu pejuang anak yang memang ingin mendapatkan hak-hak mereka kepada negara, agar bisa dipertemukan kembali dengan anak-anak mereka karena pasca perceraian,” kata Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina, di Jakarta, Selasa (15/82023).

Dalam waktu dekat, kata Selly lagi, DPR segera membentuk satuan tugas untuk memediasi terkait hak asuh anak. Sementara itu, RUU tentang Hak Pengasuhan Anak bakal didorong untuk program jangka panjang. “Kita juga memahami bahwa ada banyak sekali celah-celah kosong yang harus diselesaikan oleh negara, karena memang bagaimana korban-korban perceraian yang terjadi pada orangtua yang menyebabkan psikis anak ini kan bukan hanya anak kepada yang merebutkan,” jelas Selly.

Menurutnya, untuk mendorong rancangan beleid itu, perlu melibatkan beberapa kementerian/lembaga. Misalnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, hingga Kementerian Sosial. “Karena, memang kita ingin penanganan ini dilakukan secara sinergi dan serius,” ujar Selly.

Di sisi lain, dia membeberkan soal sanksi dalam RUU itu. Menurut Selly, perlu sanksi yang menimbulkan efek jera, khususnya jika terjadi salah pengasuhan. “Sanksi inilah yang akan memberikan efek jera kepada salah satu pihak, dan anak ini bukan barang,” tambah Selly. ***

Penulis  :  Budiana
Editor    :  Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top