Perbankan

Program UMi, Lamhot: Mudahkan Pemberian Kredit Untuk Pelaku Usaha Mikro

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Holding BUMN Mikro harus lebih berperan konkret terhadap pelaku usaha mikro dengan memudahkan pemberian kredit. Karena UMKM memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. “Berikan kemudahan pelayanan kepada pelaku usaha ultra mikro. Harus diminimalisasi adanya keluhan, agar UMKM bersemangat dalam mengakses pembiayaan usaha di masa sulit akibat pandemi Covid-19,” kata Anggota Komisi VI DPR RI Ir Lamhot Sinaga dalam sosialisasi secara virtual program integrasi ekosistem ultra mikro, (UMi) di Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga, Doloksanggul, Humbahas, Selasa, (8/6/2021).

Lamhot Sinaga mengakui Holding BUMN Mikro ini perlu melakukan sosialisasi program ke UMKM daerah. Sehingga tidak terjebak dengan rentenir.”Kita mendorong holding memiliki peran penting dalam pemulihan ekonomi yang terdampak akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Politisi Golkar ini berharap ada sinergi dengan pelaku UMKM bidang usaha Ultra Mikro. Para pelaku usaha yang belum bersentuhan dengan pelayanan kredit kegiatan transaksi ultra mikro, agar diberikan pelayanan yang baik. Sehingga dengan sendirinya akan memutus rantai dengan para rentenir atau tengkulak.

Sementara itu, Deputy Bisnis Pegadaian Kanwil Sumut, Dede Kurniawan mengungkapkan pola kreasi ultra mikro pegadaian menyiapkan sistem angsuran dimasa pandemi. “Kita berikan pinjaman kredit dengan jaminan gadai, untuk pengembangan usaha mikro dan kecil,” ujarnya.

Dede menawarkan kredit yang menggunakan konstruksi pinjaman dengan bentuk jaminan gadai kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil. “Kami hanya sebagai agen dalam menyedian permodalan, silahkan bertransaksi dengan kami,” tegasnya.

Dimasa pandemi Covid-19, kata Dede, pembentukan ekosistim ultra mikro terhadap pelaku UMKM sangat membantu percepatan pemulihan ekonomi. “Saat ini, pelaku usaha membutuhkan ekosistim pendanaan dan kewirausahaan.”

Dalam hal ini, BUMN didorong memberikan layanan ultra mikro. Karena itu pelaku usaha harus diberikan bunga yang rendah dari lembaga keuangan formal.

Kepala Cabang BRI Tarutung, Sopan Sopian Sihaho mengungkapkan saat kondisi pandemi, lembaga keuangan formal BRI memberikan kebijakan untuk penguatan ekonomi untuk kelanjutan UMKM.

“Ini juga bagian dari penguatan ekonomi dimasa pandemi, kami hadir dengan percepatan pelayanan pembiayaan dimasa pandemi dan juga dimasa sebelum pandemi,” imbuhnya. ***

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top