Headline

Potensinya Besar, Telkomsel Dukung Wisata Air Surabaya

SURABAYA-PT Telkomsel mengakui industri pariwisata di Kota Pahlawan berkembang pesat. Apalagi wisata belanja, wisata pendidikan dan wisata religi. Namun sayangnya wisata air sangat kurang digalakkan. Padahal potensinya sangat besar. “Dengan dukungan Telkomsel, kami optimis, ke depan wisata air Kota Surabaya bisa menjadi jujugan wisatawan domestik maupun mancanegara, seiring dengan perbaikan fasilitas sarana dan prasarana,” kata Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Ririn Widaryani kepada wartawan saat menyerahkan di 1 unit kapal wisata ini kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini, di Surabaya, Senin (31/7/2017).

Menurut Ririn, fasilitas pendukung sudah tersedia dan keindahan Kota Surabaya juga asyik dinikmati di sepanjang menyusuri sungai dengan kapal wisata maupun perahu. Ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar Surabaya. Penyerahan kado istimewa ini disaksikan oleh pembuat kapal yakni Prof Dr Ir Eko B Djatmiko Msc dari Fakultas Kelautan sekaligus ketua tim pengerjaan kapal dari ITS yang didukung oleh Telkomsel.

Bantuan Kapal Wisata dari Telkomsel untuk Kota Surabaya ini, jelas Ririn, melengkapi wisata air Kalimas yang sangat bersih dan tertata rapi. Kehadiran Kapal Wisata “Sawunggaling Surya Transport” makin melengkapi sarana untuk berwisata. “Untuk wisata darat, Telkomsel sudah menyumbang satu unit bus wisata. Masyarakat bisa berkeliling kota menikmati keindahan dan kebersihan Kota Surabaya,” tambahnya.

Ide menyumbang Kapal Wisata ini, kata Ririn, sebenarnya muncul dari Mas’ud Khamid, Direktur Sales Telkomsel yang saat ini menjabat sebagai Direktur Consumer Telkom. “Sekarang, Telkomsel menyumbang Kapal Wisata, jadi masyarakat juga bisa menikmati keindahan Kalimas yang semakin tertata rapi dan bersih air sungainya. Dan inilah jawaban Telkomsel sebagai kado Kota Surabaya,” ungkap Ririn.

Saat itu, Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini menceritakan kalau kondisi sungai-sungai di Surabaya jauh lebih bersih dan indah dibanding tahun-tahun lalu. Dan Wali Kota Surabaya menanyakan kontribusi Telkomsel untuk keindahan dan kebersihan sungai di Surabaya.

Kapal Wisata “Sawunggaling Surya Transport”, jelas Ririn, memiliki beberapa keistimewaan. Kapal ini menggunakan tenaga surya, dashboard touch screen serta dilengkapi beberapa sensor suhu udara, sensor PH Air. Untuk tenaga surya-nya sendiri bisa disimpan di baterai sebagai cadangan.

Kapal Wisata dibuat dari bahan fiberglass dengan total waktu pembuatan selama 6 bulan. Kapal Wisata ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 700 juta. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top