Headline

Susul NAM Air, Garuda Buka Rute Jakarta-Banyuwangi

BANYUWANGI-Setelah Maskapai NAM Air membuka jalur penerbangan Jakarta-Banyuwangi, kini menyusulkan Garuda Indonesia yang tak mau ketinggalan merebut pasar wisatawan. “Rute ini tidak sekadar untuk memenuhi pasar Jakarta-Banyuwangi saja, tapi kami incar pasar wisman Eropa,” kata Manager HR and General Affairs for Domestic Region 3 (Jawa, Bali, Nusa Tenggara) Garuda Indonesia, Hartono Hadiwiyoto di Banyuwangi, Senin (31/7/2017).

Menurut Hartono, rute ini akan mulai resmi beroperasi 21 Agustus 2017. Pembukaan rute ini sudah melalui kajian. “Survei pasar kami menunjukkan cukup prospektifnya pasar rute Jakarta-Banyuwangi. Selain mengincar wisatawan dan dunia usaha yang akan ke Banyuwangi,” tambahnya.

Rute langsung Jakarta-Banyuwangi menargetkan segmen wisatawan mancanegara, khususnya dari Eropa. Selama ini, wisatawan Eropa mendominasi kunjungan ke Banyuwangi, terutama dari Perancis, Belanda, Spanyol, Rusia, dan Inggris.

Sesi puncak kunjungan wisman Eropa ke Banyuwangi mulai Juli sampai Oktober tiap tahunnya. “Jadwalnya pun kami sesuaikan dengan jadwal keberangkatan pesawat dari dan ke Eropa,” jelasnya.

Dari Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta), Garuda bakal bertolak ke Banyuwangi pada pukul 14.15 WIB, dan akan tiba di Bandara Banyuwangi pukul 15.55 WIB. Sebaliknya, dari Banyuwangi, pesawat berangkat pukul 17.00 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 18.40 WIB. Rute ini digarap dengan pesawat jenis Bombardier berkapasitas 96 tempat duduk.

Bahkan Hartono optimis, Kehadiran bandara Banyuwangi dan rute ini ikut menggerakkan ekonomi Jember, Bondowoso, Situbondo, dan daerah Bali Barat. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top