Industri & Perdagangan

Motor Listrik E-Max Long Range di PRJ 2023, Selis Cetak Rekor MURI

Motor Listrik E-Max Long Range di PRJ 2023, Selis Cetak Rekor MURI
Motor Listrik E-Max Long Range di PRJ 2023, Selis Cetak Rekor MURI/foto suarainvestor

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Dengan unit Selis E-Max Long Rang 280 km, Selis dan SMD berhasil memecahkan rekor sebagai Motor Listrik yang Menempuh Jarak Terjauh dengan Sekali Pengisian Daya. Penyerahan piagam ini dilakukan pada Jakarta Fair Kemayoran 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023, JIEXPO, Kemayoran, Jakarta.

Triyono, Senior Manager dari Museum Rekor-Dunia Indonesia memberikan piagam rekor MURI kepada Selis. Pemberian piagam ini diterima oleh Wilson Teoh (Direktur Operasional PT Juara Bike) yang diwakilkan oleh Robin (GM Commercial) dan juga kepada Tjandra Widjaja (Direktur PT Sentramitra Dayautama) yang diwakilkan oleh Ricky Aguinaldo (Sales Manager).

Pada Jumat (16/6/2023) lalu Selis memberangkatkan motor listriknya dari Jakarta ke Brebes, Jawa Tengah dengan hanya sekali pengisian baterai. Ada pun motor listrik yang digunakan adalah Selis E-Max Long Range yang bisa menempuh jarak 280 km. Selis E-Max Long Range ini dikendarai oleh Theo Randaru dari Selis Center Kelapa Gading, Jakarta Utara sampai Exit Brebes, Jawa Tengah.

MURI sudah memverifikasi bahwa hal ini merupakan motor listrik pertama yang bisa menempuh jarak terjauh dalam sekali charge di Indonesia. Motor listrik Selis E-Max Long Range (LR) ini mencetak rekor jarak tempuh terjauh di Indonesia hanya dalam satu kali pengisian baterai. Jarak yang ditempuh Selis E-Max LR ini adalah 280 km. Tidak hanya menjadi yang terjauh di lini motor milik Selis, motor listrik Selis E-Max LR ini juga menjadi motor listrik pertama di Indonesia yang bisa menempuh jarak terjauh dibandingkan dengan merk motor listrik lainnya.

Theo Randaru membawa motor listrik Selis E-Max LR dari Jakarta ke Brebes melewati jalur Pantura. Medan yang dilewati juga beragam, seperti kemacetan di daerah Bekasi, flyover di Jakarta, dan banyaknya truk saat perjalanan. Akan tetapi, dengan medan yang beragam ini, Theo Randaru tetap merasa nyaman menggunakan motor Selis E-Max LR. “Build quality oke. Saya ekspektasinya ga terlalu tinggi karena saya masih asing dengan produk selis. Akan tetapi, ternyata bagus. Tidak ada body fracture, seperti bunyi krek krek, padahal saat riding menghantam lobang bolak-balik di Pantura. Suspensi belakang bekerja dengan baik.

Suspensi depan perlu koreksi sedikit. Lampunya terang. Joknya empuk dan riding position-nya enggak capek untuk jarak jauh. Berarti, untuk perkotaan motor ini cukup nyaman. Storage bawaannya cukup luas yang di dalam, muat untuk jas hujan dan tools lainnya. Deck-nya luas, mungkin cukup untuk bawa galon dan tidak mengganggu 9. Performa baterainya bagus dan motornya mudah untuk diajak manuver,” jelas Theo Randaru, riders yang membawa Selis E-Max LR.

Theo Randaru sendiri merupakan rider asal Indonesia yang sudah riding ke daerah Sumatera, bahkan sampai ke daerah Timor Leste. Selis E-Max Long Range ini merupakan versi terbaru dari motor listrik Selis E-Max yang sudah ada sebelumnya. Baterai pada motor listrik satu ini berjenis Lithium dengan kapasitas 60V 90Ah. Baterai inilah yang membuat Selis E-Max LR bisa mencetak rekor motor listrik terjauh dalam sekali charge. Ada pun motor listrik E-Max Long Range yang dapat dibeli oleh masyarakat bisa mencapai jarak tempuh 230 km menggunakan baterai 60V 70 Ah.

Motor listrik Selis E-Max LR yang bisa tempuh 230 km bisa masyarkat lihat pada 14 Juni – 16 Juli 2023, Jakarta Fair Kemayoran 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023, JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Selis E-Max LR yang bisa menempuh jarak 230 km ini bisa masyarakat beli dengan harga OTR Jakarta Rp32.380.000. Masyarakat tentunya bisa diringankan dengan skema pembelian tanpa menggunakan kartu kredit. Selain itu, masyarakat akan mendapatkan subsidi sebesar Rp2.000.000,- untuk leasing tertentu dengan skema yang berbeda. “E-Max Long Range ini merupakan hasil kerja sama Selis dengan PT Sentramitra Dayautama. Dengan jarak tempuh yang semakin jauh ini, masyarakat bisa dengan tenang membawa motor listrik bepergian hanya dalam sekali charge. Hal ini tentunya menjawab keraguan masyarakat akan motor listrik yang hanya bisa menempuh jarak dekat. Selis E-Max LR ini juga menjadi
tambahan pada lini kendaraan listrik Selis. Dengan demikian, masyarakat bisa memilih kendaraan listrik sesuai kebutuhan jarak tempuh, seperti 40 km, 60 km, 120 km, dan 230 km,” jelas Wilson Teoh, Direktur Operasional PT Juara Bike yang memproduksi dan memasarkan Selis.

Ada pun baterai yang ada pada Selis E-Max LR merupakan baterai yang dikembangkan bersama perusahaan baterai dari Indonesia, yaitu PT Sentramitra Dayautama (SMD). SMD merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang energi listrik untuk mendukung penggunaan barang elektronik berbasis baterai, termasuk baterai untuk motor. “Selis E-Max Long Range menggunakan baterai lithium (LiFePO4) dengan kapasitas 60V 70Ah. Baterai ini memiliki bobot 26 kg dan non-removable. Teknologi baterai ini dikembangkan oleh PT Sentramitra Dayautama, dengan keunggulan memiliki performa yang handal bergaransi 3 tahun, keamanan yang tinggi karena jauh dari resiko overheat, serta memiliki kepadatan energi yang baik sehingga kapasitas yang sedemikian besar dapat disematkan ke dalam kompartmen yang ada dan menghasilkan jarak tempuh yang jauh lebih panjang,” ungkap Tjandra Widjaya, Direktur PT Sentramitra Dayautama.

Penulis  : M Arpas

Editor    : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top