Perbankan

Modal Asing Masuk Diprediksi US$19,6 Miliar

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Bank Indonesia (BI) memprediksi aliran modal asing akan masuk ke pasar keuangan RI (capitaal inflow) mencapai 19,6 miliar dollar AS sepanjang 2021.

Proyeksi ini meningkat dari estimasi sebelumnya, yakni 19,1 miliar dollar AS. Aliran modal asing yang masuk pun lebih besar dibanding tahun 2020 yang mencapai 9,45 miliar dollar AS.

“Akan ada aliran modal asing masuk 19,6 miliar dollar AS setelah tahun lalu aliran modal mencapai 9,45 miliar. Angka 19,6 miliar dollar AS ini adalah terbesar kedua setelah China,” kata Perry dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR RI secara virtual, Selasa (9/2/2021).

Perry menyebutkan, modal asing sebesar 19,6 miliar dollar AS itu berasal dari investasi portofolio. Artinya, aliran belum termasuk investasi penanaman modal asing (PMA).

Dia pun meyakini, aliran modal asing dalam bentuk PMA tidak kalah derasnya, didukung oleh Undang-Undang Cipta Kerja.

Adapun kata Perry, aliran modal asing yang masuk ini didukung oleh kondisi pasar keuangan domestik dan internasional yang membaik. Kemudian didukung oleh tingginya likuiditas global, tren suku bunga rendah di negara maju, dan premi risiko yang rendah.

“Ini menjadi potensi bagi kita untuk menjaga stabilitas eksternal termasuk nilai tukar dan bagaimana kita mengelola ekonomi,” ungkap Perry.

Sebagai informasi, tingginya aliran modal asing masuk mulai terlihat sejak awal tahun. Pada pekan pertama bulan Februari, bank sentral mencatat ada aliran Rp 12,12 triliun.

Aksi beli tersebut berasal dari beli neto di pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 7,91 triliun dan beli neto di pasar saham sebesar Rp 4,21 triliun. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top