Nasional

MKD Terima 9 Laporan Masyarakat Terkait Etika Anggota DPR

JAKARTA – Selama masa reses ini Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menerima sekitar 9 laporan terkait anggota DPR RI dan tiga laporan untuk Ketua DPR RI Setya Novanto terkait e-KTP. Namun, semua laporan tersebut belum diverifikasi, dan dalam waktu dekat ini baru akan dilakukan verifikasi untuk kemudian bisa dilanjutkan atau tidak.

Demikian disampaikan Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (17/3/2017).

“Dari 9 laporan yang masuk ke MKD, ada 3 laporan terhadap ketua DPR Setya Novanto. Ketiga laporan terhadap Novanto itu juga berkaitan dengan kasus e-KTP. Dan, ada 3 laporan Novanto terkait e-KTP,” kata politisi Gerindra itu.

Para pelapor tersebut, yang paling baru adalah laporan dari sebuah LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) pada Kamis (17/3/2017). Dalam laporan tersebut, ada dua hal yang disoroti.

Adapun dua hal yang disoroti MAKI adalah terkait pernyataan Novanto yang mengaku tak melakukan pertemuan khusus untuk membahas e-KTP. Kedua, mengenai pernyataan Novanto yang mengaku tidak mengenal terdakwa pada kasus e-KTP, Irman dan Sugiharto.

Terkait laporan-laporan yang masuk ke MKD, Dasco menjelaskan bahwa MKD masih melakukan verifikasi. Termasuk pada laporan yang kemarin baru masuk ke MKD. Karena itu semua laporan tersebut harus diverifikasi.

LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan Ketua DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan karena dianggap berbohong dengan berkata tidak mengenal para terdakwa kasus korupsi e-KTP tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top