Industri & Perdagangan

Menperindag Era Soeharto, Bob Hasan Wafat Akibat Kanker

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Bob Hasan meninggal dunia di RSPAD Jakarta, Selasa pukul 11.00 WIB setelah berjuang melawan penyakit kanker dan paru-paru yang dideritanya.

“Sudah beberapa waktu belakangan ini beliau bertarung dengan penyakit kanker di beberapa bagian, terutama di paru-paru. Dengan usianya yang sudah cukup lanjut juga, jadi memang cukup berat perjuangannya,” ujar Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa.

Wafatnya Bob Hasan tentu menjadi kehilangan yang besar bagi dunia atletik Indonesia. Pertama kali menjabat sebagai Ketua Umum PASI sejak 1976, Bob Hasan telah melahirkan sejumlah atlet nasional yang diperhitungkan di dunia.

Sebut saja nama-nama seperti Suryo Agung Wibowo, Triyaningsih, Maria Londa, hingga Lalu Muhammad Zohri. Nama terakhir ini menjadi perbincangan hangat terutama saat meraih medali emas di nomor 100 meter di Kejuaraan Dunia Asia Junior 2018.

Zohri juga akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020 usai meraih hasil positif dengan finis di posisi ketiga dalam lari 100 meter putra di Golden Grand Prix Osaka 2019. Ia mencatatkan waktu tercepat 10,03 detik.

“Saya belum bisa memberi banyak komentar, tapi yang pasti kehilangan ini sangat besar buat atletik dan olahraga Indonesia. Saya pribadi juga kan mendampingi beliau sebagai sekjen sudah cukup lama,” kata Tigor.

Rencananya Jenazah pengusaha ternama sekaligus Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) akan dikebumikan di Ungaran, Jawa Tengah, Rabu (1/4/2020).

Perintis Industri Furnitur

Ditempat terpisah, Sekretaris Jenderal Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur menyebut mendiang Bob Hasan merupakan perintis industri furnitur dan kerajinan di Indonesia.

“Beliau adalah figur, perintis di dalam industri furnitur dan kerajinan Indonesia khususnya. Beliau yang meletakan dasar-dasar industrialisasi di sektor perkayuan nasional dari hulu ke hilir,” kata Sobur melalui pesan aplikasi diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut Sobur, Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Presiden Soeharto tersebut memiliki kebijakan yang sangat jelas, karena ideologi yang dianut yakni pentingnya hilirisasi.
“Hasil hutan harus memperkuat ke arah hilir atau mengutamakan nilai tambah, hingga industri mebel kita tumbuh signifikan di era itu,” ujar Sobur.

Sobur mengaku pengusaha kayu Indonesia sangat kehilangan sosok pengusaha yang menginspirasi tersebut.

“Beliau telah berbuat banyak untuk bangsa utamanya bagi komunitas kami. Semoga beliau husnul khotimah dan  semangatnya tetap hidup dalam mendukung industri perkayuan nasional dengan mengutamakan nilai tambah tinggi,” pungkas Sobur.

Mantan Menperindag yang juga Ketua PB PASI Bob Hasan wafat pada pukul 11.00 WIB di RSPAD Jakarta, Selasa. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top