Perbankan

Keluarga Hartono Nikmati Rp7,5 Triliun Dari Deviden BCA

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Kamis (9 /4/2020) lalu, menyetujui pembagian dividen tunai sebesar 47,9 persen dari laba bersih tahun buku 2019 atau senilai Rp 13,69 triliun.

Dengan total saham
BBCA yang mencapai 24,7 miliar, nilai dividen per saham bank milik grup Djarum ini setara Rp 555 per unit saham.

Lantas berapa dividen yang diterima oleh para pemegang saham mayoritas BBCA?

Mengutip Kompas.com, berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), pemegang saham BBCA adalah PT Dwimuria Investama Andalan. Perusahaan ini kini menguasai 54,94 persen saham BBCA dengan jumlah saham sekitar 13,546 miliar. Sedangkan masyarakat menguasai 45,06 persen saham BBCA.

Menelisik lebih dalam, pemilik saham PT Dwimuria Investama Andalan adalah dua kakak beradik pemilik Group Djarum, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono.

Rinciannya, Budi tercatat memiliki saham di Dwimuria Investasma Andalan sebesar 51 persen. Sisa saham Dwimuria dimiliki oleh sang adik, dengan kepemilikan saham sebesar 49 persen.

Lewat Dwimuria, dengan kepemilikan saham BBCA sebesar 54,94 persen atau setara 13,546 miliar saham, duo kakak beradik Bambang dan Budi Hartono ini akan segera meraup dividen sekitar Rp 7,518 triliun.

Berdasarkan kepemilikan saham di Dwimuria, Budi Hartono akan mendapatkan dividen sebesar Rp 3,834 triliun. Sedangkan Bambang Hartono akan mendapatkan dividen BBCA Rp 3,683 triliun.

Tak hanya duo kakak beradik itu saja yang akan meraup dividen jumbo dari saham BBCA.

Ada juga Anthony Salim yang nampaknya juga akan mendapatkan dividen lumayan besar. Putra mendiang Sudono Salim alias Om Lie ini memiliki 94 juta saham BBCA.

Selain itu, Antony Salim juga mengempit saham BBCA lewat Julius Baer Co Ltd Singapore. Bank asal Singapura ini memiliki 1,38 persen saham BBCA atau sebanyak 340 juta saham.

Julius Baer akan mendapat sekitar Rp 188,7 miliar dari dividen BBCA. Sedangkan Antony atas nama pribadi akan mendapat dividen Rp 52,17 miliar.

Dengan demikian, total dividen yang diterima Anthony baik dari Julias Baer dan pribadinya sekitar Rp 240,87 miliar. ***

Sumber:  Kompas.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top