Nasional

Juanda: Kenapa Harus Takut Bicara MLB PKB?

pkb.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-–Massa akar rumput PKB di berbagai daerah mulai bergelora mendesak pelaksanaan Muktamar Luar Biasa (MLB) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dari pantauan lapangan, diperkirakan ada 102 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan 10 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB yang sepakat menggelar MLB.

Alasannya diduga ada sejumlah aturan AD/ART yang dilanggar oleh Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar. “Seperti terkesan menghilangkan fungsi Dewan Syuro yang dulunya dipimpin oleh Gus Dur. Bukan cuma itu. Belakangan Cak Imin menghilangkan fungsi Ketua DPC,” kata Mantan Ketua DPC PKB Bandar Lampung, Juanda Bintang kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Padahal, kata Juanda lagi, DPC-DPC adalah ujung tombak partai dalam meraih suara daerah. Karen itu, saya merasa sedih, karena selama Kepemimpinan Cak Imin, marwah demokrasi di dalam berpolitik di PKB semakin tidak ada,” ujarnya.

Lebih jauh Juanda menambahkan perilaku Cak Imin ini telah membuat sejumlah pimpinan PKB di daerah-daerah merasa kecewa. Dan kekecewaan itu sekarang sudah tidak dapat dibendung lagi.”Kekecewaan mereka sudah memuncak,” terangnya lagi.

Dikatakan Juanda, gelombang penolakan terhadap Muhaimin Iskandar tak bisa dibendung lagi.”Insya Allah, jumlah yang minta MLB PKB itu akan terus bertambah mukai dari Jawa, Sumatra dan Wikayah Timur Indonesia,” ucapnya.

Juanda menilai Muhaimin Iskandar memperlakulan partai yang dibidani oleh para ulama ini seperti partai keluarga. Padahal ini partai milik kaum nahdliyin. ”Banyak yang jadi pemimpin PKB itu berasal dari keluarga dekatnya. ”

Bahkan Juanda memaparkan sejak Muktamar Ancol pada 2008 Cak Imin sudah tiga periode lebih menjadi ketua umum. Setiap kali Muktamar selalu ingin jadi ketua umum. Seperti tidak ada tokoh lain yang mampu memimpin parta berlambang bola dunia dengan sembilan bintang ini. ”Memangnya PKB ini partai keluarga? Dia lupa kalau PKB ini milik warga nahdliyin,” kata Juanda.

Itulah, lanjut Juanda, yang membuat sejumlah pimpinan PKB di daerah-daerah merasa kecewa. Dan kekecewaan itu sekarang sudah tidak dapat dibendung lagi. “Tak heran kalau sekarang mereka ramai-ramai minta dilakukannya MLB, ”kata Juanda.

Sebagai kader Gus Dur, Juanda minta agar para pengurus PKB di pusat maupun daerah tidak takut untuk menyatakan sikapnya mendukung MLB. ”Bagi saya sebenarnya simpel saja, jika kita masih takut bicara soal MLB PKB berarti  masih diragukan sebagai kader Gus Dur. Jadi kenapa harus takut?,”tegas Juanda.

Menurut Juanda, kader Gus Dur harus berani menyatakan sikapnya meski nantinya akan dikucilkan. Alasannya, PKB bukan milik pribadi Muhaimin Iskandar. “Ingat PKB itu milik keluarga besar warga nahdliyin.”

Justru, lanjut Juanda, dengan banyaknya desakan MLB itu akan menyelamatkan PKB ke depan. Karena akan membawa PKB ke jalan yang baik dan benar sesuai dengan pendirian awal partai tersebut. ***

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top