Nasional

Irman Putra Sidin: DPD Sendiri yang Tentukan Masa Depannya

JAKARTA – Pakar hukum tata negara Irman Putra Sidin menilai bahwa yang menentukan masa depan DPD adalah DPD sendiri dan bukannya DPR RI. Apalagi kini sudah terjadi benturan politik di internal DPD RI dengan membuat Tatib dengan mengatur lama masa jabatan pimpinan DPD RI menjadi 2,5 tahun.

“Ini fenomena apa? Kekuasaan seperti ini akan berakibat buruk ke depan, karena secara kelembagaan DPD RI sudah tidak stabil lagi. Bahkan 3 minggu ke depan proses politik pemilihan pimpinan DPD RI akan dilakukan,” tegas Irman dalam dialog kenegaraan ‘‘Revisi UU MD3 dan Revitalisasi Fungsi MPR, DPR, dan DPD RI’ bersama anggota Komisi II DPR Fraksi Golkar Rambe Kamarulzaman dan Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan DPD RI John Pieris di Gedung DPD RI Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Ditambah lagi DPD RI disibukkan dengan hiruk-pikuk politik. Yaitu tiba-tiba anggota DPD RI menjadi ketua umum dan pengurus partai Hanura. “Ini implikasinya tidak perlu penguatan DPD RI lagi, karena DPD RI sudah mempunyai perwakilan di Fraksi Hanura DPR. Kalau fraksi ini mempunyai kekuatan di DPD RI, maka akan mempunyai kekuatan hak veto terhadap DPR maupun Presiden RI,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top